18.500 Mangkok Soto Dibagikan Gratis PPJI Jateng
Dicatat oleh Leprid

By Redaksi SS 27 Okt 2019, 20:23:42 WIB Semarangan
18.500 Mangkok Soto Dibagikan Gratis PPJI Jateng

Keterangan Gambar : Tampak soto gratis tengah dibagikan kepada para pengunjung di kawasan Taman Indonesis Kaya Jalan Menteri Supeno Semarang, Minggu (27/10/2019).


Semarangsekarang.com — Ada yang tak biasa di Jalan Menteri Supeno Semarang atau tepatnya di depan Indonesia Kaya pada Minggu (27/10/2019), di tempat itu dibagikan ribuan soto untuk para pengunjung car free day. Kegiatan tersebut dalam rangka mengahayubagyo atas pelantikan presiden dan wakil presiden yakni Jokowi dan Maruf Amin

Acara pembagian soto gratis sudah dimulai sejak pukul 06.00 WIB. Pembagian masakan berkuah ini dilakukan oleh Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Jateng.

Kegiatan diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan penabuhan beberapa alat masak seperti Wajan, Panci oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang didampingi oleh Wakil Walikota Semarang Hevearita G Rahayu.

Seusai suara sirine maka warga langsung bisa mendapatkan soto secara gratis.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengapresiasi kegiatan ini, pasalnya kalau perorang harus datang satu persatu hanya untuk menyaksikan pelantikan tersebut, alangkah baiknya semua bisa merasakan dengan makan soto bersama di tempat ini. 
“Kalau satu persatu datang ke Istana hanya ingin melihat pelantikan tersebut tentunya akan rugi waktu maupun uang. Tetapi kalau dengan cara seperti ini maka semua bisa merasakan,” katanya.

Ganjar menambahkan soto itu merupakan salah satu makanan khas asli Indonesia yang mempunya paling banyak versi yang setiap daerah memiliki resep soto yang beragam dengan kekhasannya masing-masing.

“Memang ada yang dibuat bening kuahnya, ada pula yang dicampur dengan santan untuk menambah rasa gurih soto,” tambah
Ketua PPJI Jetrng, Liliek Agus Gunarto.

Liliek mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk  perayaan ulang tahun PPJI Jawa Tengah dan juga CSR dari PPJI dan syukuran pelantikan presiden beserta kabinetnya.

“Kegiatan ini selain sebagi kado ulangtahun kepada masyarakat Jateng juga sebagai syukuran dan CSR,” imbuhnya.
Liliek yang mengaku menyediakan 18.500 mangkok soto.

Tercatat Leprid

Pembagian soto kali ini melibatkan 40 catering dengan berbagai jenis soto dari berbagai daerah di Jawa Tengah seperti Soto Seger Boyolali, Soto Kemiri Pati, Soto Grombyang Pemalang, Soto Tauto Pekalongan, Soto Sokaraja Banyumas, Soto Klethuk Blora, hingga Soto Bening Semarang dan Solo. 

“Memang kegiatan ini merupakan kedua kalinya, sebelumnya juga pernah dilakukan tetapi dalam bentuk nasi tumpeng. Sedangkan tahun ini tidak tumpeng tetapi masakan khas Indonesia yakni Soto,” jelasnya 

Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka mengatakan PPJI selain sebagai penyelenggara juga menyajikan soto tidak hanya satu macam tetapi banyak macam. Dan PPJI tercatat sebagai pemrakarsa dan penyelenggara penyajian aneka soto Jateng terbanyak  dan tercatat no 540/P.Leprid/X/2019. (mnr-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment