ASN agar Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

By Redaksi SS 29 Nov 2018, 14:23:23 WIB Semarangan
ASN agar Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

Keterangan Gambar : Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah membacakan sambutan presiden pada upacara peringatan HUT Korpri ke 47 di halaman kantor Gubernur. (dok: Humas Jateng)


Semarang – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang kini genap berusia 47 tahun telah banyak berkiprah untuk negeri. Korpri tidak hanya menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman.

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Mereka juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

“Apa yang telah kita capai sampai hari ini tidak terlepas dari peran serta jajaran ASN yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di lndonesia serta perwakilan di luar negeri. Sekali lagi kami menyampaikan banyak terima kasih,” ujar Plh Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen saat membacakan sambutan presiden pada Upacara Peringatan HUT ke-47 Korpri Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di halaman kantor Gubernur, Kamis (29/11/2018).

Gus Yasin, sapaan akrabnya, menambahkan, kepala negara juga menyampaikan apresiasi kepada para ASN yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar, yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi. Untuk itu, pemerintah selalu memberikan prioritas kesejahteraan ASN melalui peningkatan penghasilan serta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun.

Presiden meminta ASN agar mudah beradaptasi dalam menghadapi perubahan zaman. ASN dituntut selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Terlebih dengan hadirnya revolusi industri 4.0 yang telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia.

“Perkembangan teknologi informasi, terutama pengomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN,” jelasnya.

Pihaknya meminta ASN untuk tidak terjebak dengan egosektoral, egoorganisasi, atau egoprogram masing-masing. Karena semua permasalahan yang ada di tengah masyarakat bersifat lintas sektoral, bahkan juga lintas daerah.

“Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara. Saya minta kepada seluruh jajaran ASN untuk segera memperkuat diri menjadi agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa,” lanjutnya.

Hal itu sejalan dengan fokus pemerintah mulai tahun 2019, yaitu untuk memperkuat sumber daya manusia guna menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

Usai memimpin upacara, Wagub Jateng Taj Yasin melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung peringatan HUT ke-47 Korpri Provinsi Jawa Tengah berupa penanaman pohon “Bakti Penghijauan” dan memimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal bersama Wakil Walikota Semarang Ir Hj Hevearita Gunaryanti dan sejumlah pejabat.

“Sebagai Korpri, kami meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dengan meningkatkan kualitas kerja kita. Hal ini juga wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa demi tegaknya NKRI dengan berziarah ,” pungkasnya. (jatengprov.go.id-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment