Ayo ke Kebun Jambu Kristal Cepoko Gunungpati

By Redaksi SS 15 Jan 2018, 11:08:21 WIB Semarangan
Ayo ke Kebun Jambu Kristal Cepoko Gunungpati

Keterangan Gambar : WIsatawan saat berfoto di depan pendopo Pasar Tani Dinas Pertanian Kota Semarang, Kebun Buah Cepoko.


Semarangsekarang.com-Minimnya promosi dan informasi tentang keberadaan kebun buah Cepoko, membuat tempat ini tak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Padahal di tempat ini selain tempatnya yang teduh, juga disediakan buah yang bisa di petik sendiri kemudian ditimbang baru dibayar. Jaminan Jambu Kristal lebih buah segar adalah andalan buah disini.

Kebun buah dengan luas  3,2 hektare yang ada di Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati ini mestinya sudah bisa dijadikan destinasi agrowisata kebun buah, apalagi jalur ini merupakan jalur wisata. Mulai dari Sam Poo Kong, Gua Kreo, Home Stay.  Sehingga kesempatan untuk mengarahkan wisata ke tempat ini cukup beralasan.

Apalagi letaknya yang tidak begitu jauh dengan pemancingan Ngrembel, namun demikian tentu pemerintah kota lewat Dinas Pertanian bisa menggencarkan promosi,  mengarahkan wisatawan ke kebon milik Dinas Pertanian Kota Semarang bekerjasama dengan petani warga Cepoko.

Tempat makin terlihat lebih tertata dan berkembang  dengan baik  setelah  Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Desa Cepoko ini mendapat bantuan dari SME & SR Partnership Program Region Jateng-DIY PT Pertamina (persero) yang bekerjasama dengan Universtas Negeri Semarang.

“Melihat potensi yang ada ditempat ini, sebenarnya untuk disebut sebagai tempat agrowisata sudah cukup. Murah meriah dan kalau kita mau beli jambu Kristal segar ya disini tempatnya, apalagi tempat ini juga bagus untuk spot foto,”kata Agus Setyawan, salah seorang wisatawan asal Purworejo yang baru pertama kali ke tempat itu.

Soal fasilitas pendukung hanya lokasi parkir yang tampakanya perlu diperluas, mengingat, ketika pengunjung sudah mulai banyak yang dating lahan parkir kendaraan bisa tidak muat. Sementara soal fasilitas pendukung lain seperti musola dan kamar mandi sudah tersedia.

“Bila melihat kedepannya, seharusnya lahan parkir perlu diperluas. Biasanya jika informasi tentang kebon jambu Kristal Cepoko ini dikenal orang. Pasti tempat ini akan menjadi salahsatu tempat agrowisata, apalagi jalur Gunungpati  dan Mijen sekarang ini termasuk jalur kunjungan wisata ,”kata Zainudin, warga Mijen.

Bagi pengunjung yang hendak ke Jalan Cepoko Raya cukup mudah dicari, jika dari arah Gua Kreo lurus kea rah Selatan sampai perempatan SMP Negeri 22 Semarang tinggal belok kanan sekitar 200 meter kanan jalan akan tertulis “Dinas Pertanian Kebun Buah Cepoko”. Sementara jika dari arah Kaligetas sekitar  1 km, ambil pertigaan arah Gunungpati.  Jika dari arah Ungaran, setelah pemancingan Ngrembel ada perempatan belok kiri.

Buah yang disediakan yang senantiasa tersedia dalam kondisi segar adalah buah jambu Kristal, buah ini selalu ada di tempat ini karena bukan termasuk buah musiman dan per kilonya dijual Rp 15.000. Selain jambu, ditempat ini juga ada buah musiman, seperti  kelengkeng, rambutan dan durian.

Bibit pohon buah seperti durian, anggur, kelengkeng, rambutan, sirsat madu, srikaya dan tentunya jambu Kristal dijual umum juga. Sementara bagi penggemar tanaman anggrek, agronema  dan aneka kaktus cantik, juga dijual ditempat ini. Ayo ke Kebun Buah Cepoko. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment