Bandara Internasional Ahmad Yani Sudah Beroperasi
Masih banyak penumpang yang belum tahu

By Redaksi SS 06 Jun 2018, 19:40:45 WIB Semarangan
Bandara Internasional Ahmad Yani Sudah Beroperasi

Keterangan Gambar : Pemandangan baru di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani yang tidak terdapat di terminal lama.


Semarangsekarang.com—Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang baru sudah mulai mengoperasionalkan terminal baru, Rabu (6/6/2018). Saat pertama kali dioperasionalkan terminal yang baru tersebut banyak penumpang yang masih kebingungan saat menuju ke pesawat. Terlihat beberapa calon penumpang yang masih mendatangi bandara yang lama sehingga oleh petugas dikerahkan untuk mengarahkan lokasi terminal baru Ahmad Yani.

Banyak penumpang terlihat tergesa-gesa ketika memasuki bandara karena masih tidak tahu jalur menuju kepesawat dan jalurnya yang panjang. 

Untuk mengatasi hal tersebut pihak bandara menyiapkan petugas guna mengarahkan penumpang yang kebingungan saat menuju ke pesawat. Dalam terminal yang baru untuk penerbangan pertama dilakukan oleh pesawat Garuda GA 231 dan Citylink QG 140. 

“Untuk Garuda pukul 06.00 menuju Jakarta sedangkan pesawat yang datang adalah pesawat Citilink QG 140 dari Jakarta ke Semarang pada tiba pukul 06.20,” kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devy Suradji.

Lebih lanjut Devy menambahkan terminal bandara Internasional Ahmad Yani ini menjadi sumbangsih dari PT Angkasa Pura I kepada Kota Semarang dan Jawa Tengah menjadi bagus, lebih besar dan bisa menjadi pembuka peluang untuk berbagai macam kegiatan yang akan membawa meningkatkan reputasi provinsi Jawa Tengah dan kota Semarang di mata dunia.

“Dengan adanya terminal Bandara Internasional Ahmad Yani ini maka akan menjadikan Jateng menjadi bandara Internasional dan khususnya kota Semarangh ditingkat duinia,” tambahnya. 

Bahkan pihaknya sempat ngobrol dengan beberapa penumpang, karena takut terlambat beberapa penumpang sampai datang pada malam hari sebelum dioperasikannya terminal bandara tersebut untuk ngecek lokasi bandara. 

“Jadi sebelum esok harinya tiba di bandara ini, malamnya itu banyak penumpang yang ngecek lokasi bandara. Mungkin karena takut terlambat sehingga melakukan antisipasi dengan datang pada malam hari,” imbuhnya.

GM Angkasa Pura I Indah Preastuti mengatakan pengoperasian terminal bandara internasional Ahmad Yani berjalan lancar meskipun ada yang kurang sedikit itu wajar. Dan terminal tersebut dibuka pertama pukul 04.07 sehingga penumpang bisa melakukan Chek in dan jam 06.00 adalah boerding pertama Garuda. 

“Dengan belum sempurnanya fasilitas pendukung tetapi semua berjalan lancar. Kalau terminalnya bisa berjalan dengan baik,” katanya. 

Sedangkan di terminal bandara yang baru ini terdapat 130 penerbangan semua berada di terminal bandara internasional Ahmad Yani yang baru. Terkait dengan Posko lebaran pihaknya sudah siap dan Posko tersebut melibatkan berbagai unsur mulai dari TNI Polri, Basarnas, Kesehatan serta dari stakeholder.

“Jadi Posko itu merupakan rutinitas tahunan yang harus dijalani dan melibatkan berbagai unsur untuk menjaga kelancaran dan kenyamanan angkutan lebaran,” katanya.

Salah seorang penumpang, Sudirman Said mengatakan sudah layak untuk terminal yang lama sehingga harus pindah, dan untuk terminal bandara internasional Ahmad Yani ini masih belum sempurna tetapi memang harus dicoba apalagi menjelang mudik arusnya menjadi besar. 

“Dan ini bagus harus dimulai dari sekarang. Dengan adanya terminal yang baru ini dapat menjadi pendorong dari perekonomian karena bagaimanapun ini bandara terbesar di Jawa Tengah, dengan pindahnya yang lama ke tempat ini akan lebih nyaman penuimpang lebih aman pelayanan menjadi lebih baik,” katanya.

Penumpang lainnya, Rifka mengaku dengan adanya terminal yang baru membuat bingung karena belum tahu keberangkatan atau kedatangan pesawat. Tetapi ini merupakan awal tetapi kalau sudah biasa akan mudah. “Karena masih awal sehinga bingung, tetapi itu hanya awalnya saja tetapi kalau sudah berjalan maka akan terbiasa dengan sendirinya,” katanya.

Rencananya terminal bandara yang baru ini akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Saat ini di bandara baru memiliki 30 konter yang disediakan guna menerima penumpang untuk chek in dan 6 unit self chek in.(mnr/ari-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment