Belajar Aikido: Melihat, Merasakan dan Mengerti
Cara berlatih beladiri Aikido dengan benar

By Redaksi SS 22 Agu 2018, 15:26:50 WIB Ragam
Belajar Aikido: Melihat, Merasakan dan Mengerti

Keterangan Gambar : Sinsei Jerry Lim pemilik DAN V Aikido (berdiri kanan), yang juga murid dari Shihan Irie Yoshinobu DAN VII dari Jepang, saat memberikan tutorial gerakan (jurus) aikido secara benar.


Semarangsekarang.com—Aikido, beladiri asal Jepang ini sudah mulai mendapatkan tempat di Indonesia. Banyak orang mulai ingin belajar aikido, selain untuk menjadi seorang yang bisa melindungi diri saat mendapatkan bahaya, juga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Namun sesungguhnya belajar beladiri yang satu ini sangat berbeda dengan jenis olahraga beladiri pada umumnya. Pasalnya, untuk menguasai aikido sesorang harus melihat, merasakan dan mengerti.

Menurut, sensei Jerry Lim, pemilik DAN V Aikido, cara belajar aikido itu seseorang harus bisa meng-copy setiap gerakan secara benar, kemudian merasakan tiap gerakannya. Setelah mencoba setiap gerakan secara benar maka harus sering bertanya dengan sensei, hal ini harus dilakukan karena biar lebih mengerti fungsi dan filosofi setiap gerakan dalam aikido.

“Kalau tidak men-copy bentuk terlebih dahulu, tidak mungkin mengerti merasakan. Dan bila murid sudah merasakan dia (murid) bisa bertanya kenapa begini dan kenapa harus begitu,”jelas sensei Jerry Lim, yang merupakan murid dari Shihan Irie Yoshinobu DAN VII dari Jepang

Dalam mempelajari beladiri aikido, peran murid dan guru begitu penting. Di sini hubungan seorang murid dan guru (sinsei) sangatlah penting.

“Waktu yang diperlukan oleh seorang murid mulai dari melihat hingga mengerti diperlukan proses. Cepat dan tidaknya tergantung si murid dan guru yang membina,” tandas Jerry Lim pada Selasa (21/8/2018).

Jerry juga menceritakan pengalamannya selama belajar sebagai seorang murid dari Shihan Irie, menurutnya hubungan dia dengan sinsei sangat personal. Hubungan guru dengan murid itu perlu waktu. Setelah mendapat rasa percaya biasanya ilmunya baru diturunkan oleh sinsei kepada muridnya. Dimana dalam ilmu yang diturunkan tersebut banyak nilai-nilai budaya didalamnya.

Seminar Aikido di Semarang

Untuk lebih mengerti dan memahami setiap gerakan (jurus) aikido secara benar, serta menambah kepercayaan Mental, pada Sabtu-Minggu lalu (18-19/8/2018), diadakan Seminar tentang aikido di aula gedung Telkom, Jalan Pahlawan Semarang.

Seminar yang diadakan Dojo Bushido Semarang ini diikuti 40 peserta yang berasal dari Semarang, Jakarta dan Purwokerto. Dengan narasumber langsung sinsei Jerry Lim (DAN V) dari Jakarta yang didampingi oleh sinsei Christian (DAN III).

Pada kesempatan itu Jerry Lim mengatakan di hadapan peserta seminar akan pentingnya mempelajari seni bela diri Aikido lebih dalam, yang sesuai dengan standar materi kurikulum Aikikai Hombu Dojo di Tokyo

“Tujuan diadakan seminar ini agar para peserta bisa memahami basic dari aikido itu sendiri dari dari dasar tersebut diharapkan mampu membangun mental dan karakter seseorang. Jadi  nilai-nilai dari prinsip seorang samurai sangat erat kaitannya dengan aikido, seperti halnya tentang kepercayaan,” jelas Gautama (DAN III), pemilik Dojo Bushido Semarang. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment