Benda Diduga Limbah Diamamkan Satpol PP Semarang
Dibuang di pinggir Banjirkanal Barat Ngemplak

By Redaksi SS 08 Jul 2019, 19:43:07 WIB Semarangan
Benda Diduga Limbah Diamamkan Satpol PP Semarang

Keterangan Gambar : Benda padat yang diduga limbah yang dibuang dipinggir kali Banjirkanal Barat di belakang Kantor Kelurahan Ngemplak Semarang. Diamankan Satpol PP Kota Semarang, Senin (8/7/2019). (foto: zykka)



Semarangsekarang.com- Puluhan drum yang diperkirakan berisi limbah berhasil diamankan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Semarang di Bantaran Kali Simongan,  kelurahan Ngemplak Semarang.  Senin (8/7/2019).

Bahan kimia berbentuk padat itu tergeletak di bantaran sungai  Banjirkanal Barat, atau berada di belakang kantor Kelurahan Ngemplak, Benda berbentuk padat mirip drum tersebut merupakan residu limbah sawit yang berasal dari Kalimantan.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, penemuan dari informasi warga yang disekitar kelurahan Ngemplak yang lapor ke Walikota Semarang, yang kemudian ditindaklanjuti penemuan barang-barang tersebut bermula dari laporan warga yang tinggal di sekitar kelurahan Ngemplak, yang kemudian ditindak lanjuti pihak Satpol PP dengan langsung mengecek lokasi yang dimaksud.

“Kami akan mencari dan menyelidiki siapa yang telah membuang limbah ini  dilingkungan, karena bagaimanapun tempat pembuangannya berdekatan dengan aliran sungai, apalagi di dekat sini ada PDAM yang mengolah air baku untuk konsumsi warga, inikan berbahaya kalau sampai air bakunya tercampur dengan limbah,” kata Fajar.

Ia juga menambahkan, semua bahan berbahaya itu, akan segera di pindahkan dari lingkungan sekitar mengingat akan potensi mengganggu  kenyamanan warga, sehingga  barang temuan akan pihaknya akan segera melakukan pemindahan barang ke tempat pembuangan akhir.

Rencananya proses tersebut akan dilakukan Kamis (11/7/2019) mendatang dengan berkordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum.
 
Sengaja dibuang

Barang-barang itu sendiri sempat dilihat warga sekitar. Saat membuang ditempat itu pada bulan Juni lalu.
“Saya sempat melihat saat pembongkaran drum-drum limbah tersebut di bantaran Kali Simongan. Dan bertanya ke orang yang membawa drum itu agar pembongkaran tidak dilakukan ditempat tersebut” kata Poniman Ketua RT 9 RW 1 Kelurahan Ngemplak.

Poniman mengingat betul penurunan limbah padat berbentuk drum itu dilakukan sekitar bulan lalu, di waktu pagi hari 
“Kira-kira sebulan lalu, pagi hari saat saya mau ke sungai ada truk menurunkan drum. Saat saya tanya bilangnya limbah sawit Kalimantan, nantinya mau diambil kembali dan mau dijual ke Solo. Tapi kemudian yang diambil hanya drumnya saja, isinya dibiarkan disitu,” tambahnya.

Saat ini Satpol PP masih melakukan penyelidikan terkait siapa yang telah membuang limbah di bantaran Kali Simongan tersebut dan mengamankan tempat dibuangnya limbah dengan mengambil sampel untuk dilakukan pengujian tes laborat. (zykka-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment