Dengan E-Kir Biaya Lebih Jelas
Di ujicoba Dishub Kota Semarang

By Redaksi SS 08 Jul 2019, 18:50:10 WIB Semarangan
Dengan E-Kir Biaya Lebih Jelas

Keterangan Gambar : Truk yang sedang melakukan ujicoba -Kir di kantor Dishub Kota Semarang Tambakaji. (foto: zykka)



Semarangsekarang.com- Dinas Perhubunan Kota Semarang mencoba melakukan inovasi baru dala m memberlakukan ujicoba kendaraan bermotor (KIR) dengan cara pembayaran melalui kartu. Model seperti yang dipakai di jalan tol, namanya E –Kir dan sedang diuji coba oleh Dishub kota Semarang di kantor Dinas Perhubungan Kota Semarang Tambakaji Ngaliyan Semarang, Senin (8/7/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro  P Martanto mengatakan, pemberlakuan E-Kir adalah upaya dari pemerintah kota Semaran untuk lebih memudahkan masyarakat yang ingin mengajukan uji Kir dimana dengan  sistem tersebut merupakan transaksi non tunai bagi pemohon kir semua kendaraan bermotor.

Pemberlakuan E-Kir ini adalah bentuk pembayaran transaksi  non tunai yang pertama di Semarang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  serta meminimalisir adanya penyimpangan.

“Ini sebagai bentuk pelayanan kami  kepada masyarakat agar uji Kir bisa dilakukan secara transparan lebih mudah dan cepat," kata Endro.

Nantinya untuk pelayanan E-Kir pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga 12.00 dengan jam pelayanan hingga pukul 15.00. Untuk pendaftaran pemohon terakhir maksimal kami batasi hingga pukul 12.00. 

"Datang langsung ke gate 1, 2 atau 3 sesuai jenis kendaraan bermotornya. Prinsipinya seperti transaksi di tol, tinggal tempelkan kartu," kata Endro

Seorang pengemudi truk mengaku bernama Nur merasa puas dengan pelayanan E-Kir yang diberlakukan tersebut. Selain, biayanya lebih jelas dan tidak ada pengeluaran macam-macam.

"Tinggal antre kendaraan saja kemudian menunggu hasil buku kir di ruang tunggu yang disediakan,” ungkapnya. (zykka-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment