DPRD Cirebon Studi Smart City ke Semarang

By Redaksi SS 29 Jan 2019, 11:31:53 WIB Semarangan
DPRD Cirebon Studi Smart City ke Semarang

Semarangsekarang.com - Setelah beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Pati mengadakan Studi Implementasi dan Replikasi smart city & e-government di Pemerintahan Kota Semarang  Kini Komisi I DPRD Kab Cirebon juga melakukan studi hal sama terkait penerapan dam pelaksanaan Aplikasi Smart City, pada Senin (28/1/2019).  di Situation Room Pemerintah Kota Semarang terkait Aplikasi Smart City, Senin pagi (28/1).

Pada kesempatan ini rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon diterima langsung oleh Taufik Hidayat selaku Kabid.Lay E-Government  Diskominfo Kota Semarang yang menjelaskan tentang konsep Smart City di Situation Room Pemerintah Kota Semarang..Kota Semarang sendiri menjadi salah satu studi banding dari kabupaten/kota lain setelah beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai salah satu Kota Metropolitan Cerdas kedua se-Indonesia setelah Kota Surabaya.

Konsep Smart yang diterapkan dalam berbagai sistem pelayanan online di Kota Semarang ini meliputi konsep systemic (terhubung sistem), monitorable (dapat dipantau), accessible (mudah diakses), reliable (dapat dipercaya), serta time bound (batasan waktu). Konsep smart ini fokus pada upaya memberikan kemudahan, ketepatan dan kepercayaan bagi warga masyarakat termasuk para pelaku usaha.

Tidak lupa turut hadir juga Diah Supartiningtias  selaku Kabid.Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik menambahkan menjelaskan adanya  system  aduan langsung melalui aplikasi @laporhendi yang diproses maksimal 10 hari, Call center 112 yaitu Call Center gawat darurat  tanpa berbayar dan Semua ini, merupakan wujud komitmen Pemkot Semarang dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga.

Kali ini saya, belajar banyak tentang Smart City Kota Semarang semoga dalam kunjungan ini bisa menjadi acuan bagi kami Komisi I DPRD kab.Cirebon untuk memberikan Program-program yang menjadikan kab,Cirebon lebih baik dalam melayani masyarakat.tutur Sunandar Priyowudarmo selaku Wakil Ketua DPRD Kab.Cirebon. (smgkt/faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment