Durian Mimang dan Bawor Paling Dicari Pengunjung
Dari Festival Buah Jawa Tengah di Alun-alun Ungaran

By Redaksi SS 08 Mar 2020, 10:32:39 WIB Ragam
Durian Mimang dan Bawor Paling Dicari Pengunjung

Keterangan Gambar : Durian mimang asal Kabupaten Banjarnegara menjadi salahsatu buah yang paling dicari pembeli saat Festival Buah Jateng di Ungaran, Sabtu (07/03/2020).


Semarangsekarang.com (Ungaran) - Durian mimang menjadi salah buah yang dicari pengunjung dan tentunya andalan stand Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, dalam Festival Buah Jawa Tengah di Alun-alun Bung Karno Ungaran Kabupaten Semarang, Sabtu (07/03/2020).

Durian yang bernama mimang itu hampir semuanya ludes dibeli orang. Dari aromanya tercium bau wangi dan tampilannya juga begitu menggiurkan, jadi pantaslah varietas buah durian yang satu ini kerap menjadi langganan juara nasional. 

Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan pada Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Pawit Setianto menyampaikan, durian si mimang memang merupakan salah satu durian primadona. Dagingnya yang tebal dan hampir tak berbiji, dipadu rasanya yang sangat legit menjadikannya sebagai “most wanted” bagi para pecinta durian.
Pawit menambahkan, saking banyak peminatnya, sebelum durian mimang panen, masyarakat telah memesan jauh-jauh hari agar dapat menikmati durian yang menjadi juara Festival Buah Jateng tahun lalu, bahkan memborong semua juara.
Saking banyaknya yang menanti, sebelum panen sudah banyak yang memesan,” imbuh Pawit.
Banyaknya peminat si mimang, membuat pihaknya gencar berupaya meningkatkan kualitas dan pengembangan durian. 

Seperti
duplikasi pohon induk sebagai sumber benih, memperbanyak penangkar benih, dan tiap kali ada program pengembangan selalu menggunakan bibit mimang.
Atas kelezatan durian ini maka sangat layak kalau harganya dibanderol Rp 60.000-Rp 100.000 per kilogramnya ini. 

Meski terkesan eksklusif namun menurut Pawit, pihaknya telah mendistribusikan ribuan bibit mimang untuk dikembangkan. Dia optimistis tiga tahun ke depan, produksi mimang akan bertambah banyak.
Tak hanya si mimang. 

Selain Mimang, Jateng pun memiliki raja durian lainnya yaitu durian bawor dari Kabupaten Banyumas. Kelezatan durian yang memiliki aroma wangi dan daging durian yang tebal nan legit ini, membuat pecinta durian tak mampu berpaling dan selalu ingin menikmatinya. Bawor, pada festival kali ini juga menjadi buah yang juga banyak diburu oleh pengunjung.

Selain enak, pada acara ini harganya juga relatif murah dibanding di supermarket. Merogoh Rp 300.000, pengunjung bisa membawa pulang durian bawor seberat lima kilogram.

“Suka banget sama durian, dan kesini sengaja mau berburu durian bawor. Kalau disini langsung sama petaninya lebih murah, dibandingkan di supermarket sekilonya Rp 75.000,” ujar Juwati, salahsatu pembeli.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Banyumas Widarso mengaku durian bawor memang menjadi buah lokal kebanggaan Kabupaten Banyumas. Pihaknya pun terus berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas durian bawor, agar masyarakat tidak kecewa dan dapat menikmati nikmatnya durian super ini. Para petani pun mendapat bimbingan langsung dari pakar durian, sekaligus bisa memotivasi dalam pengembangannya. (mnr-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment