Guru Penggiat Literasi dan Penulis 27 Buku
Salamah

By Redaksi SS 28 Mei 2018, 11:15:02 WIB Tokoh / Profil
Guru Penggiat Literasi dan Penulis 27 Buku

Keterangan Gambar : Meskipun berprofesi seorang guru, Salamah juga sering menulis buku-buku ilmiah maupun novel sebagai salah satu kegiatan yang dilakoni diluar kiprahnya menjadi seorang guru.


Semarangsekarang.com--Gagal memenuhi cita-citanya menjadi dokter, tak lantas membuatnya patah arang. Menjadi guru pun akhirnya dilakoni dengan penuh ketekunan. Dialah Salamah, yang kini berprofesi menjadi seorang penngajar. Sejak 2009, istri dari Sumarsono ini menjadi tenaga pendidik. Ia sudah berpindah ditiga sekolah dasar. Masing-masing di SD Negeri 1 Kayugiyang, SDN 1 Rojoimo dan kini di SDN 2 Jlamprang. Kabupaten Wonosobo.

Selain mengajar, perempuan yang berulang tahun setiap 18 April, ini rajin  menulis buku. Sejak 2011, ia sudah menghasilkan 27 buku. Sebagian diantara buku-bukunya berbentuk novel. Berkat ketekunannya menulis, anak ketiga lima bersaudara pasangan Djamiyo dan Sutinah, ini pernah dinobatkan  sebagai juara pertama tingkat nasional  Lomba Guru Menulis tahun 2012. Serta juara pertama  Guru Berprestasi tingkat kabupaten tahun 2017.

"Saya berharap, suatu saat salah satu novel saya bisa difilmkan. Novel yang saya harapkan itu bercerita tentang  seorang guru di sekolah favorit tapi sangat  menyedihkan," kata Salamah menambahkan.

Selain Novel, Salamah juga sempat menulis buku tentang CPNS, yang membuatnya banyak dipanggil untuk melakukan bimbingan kepada calon pegawai negeri sipil. Ia juga kerap diminta membina anak-anak yang hendak kuliah, berkat buku drilling psikotest yang pernah ditulisnya. 

Tak cukup menghasilkan tulisan, Salamah juga dikenal sebagai penggiat literasi, yang harapannya bisa melahirkan penulis-penulis muda. Saat ini ia membimbing 8 penulis pemula. Tiga diantaranya bahkan sudah menghasilkan bukunya masing-masing. Ia punya harapan, bisa mewujudkan impian membawa Wonosobo  meraih prestasi sebagai daerah penghasil penulis anak anak terbanyak. (mbd-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment