IKAL Jateng Sumbang Bilik Antiseptik ke MAJT
Antiseptik lebih aman bagi manusia

By Redaksi SS 09 Apr 2020, 14:23:15 WIB Ragam
IKAL Jateng Sumbang Bilik Antiseptik ke MAJT

Keterangan Gambar : Perwakilan IKAL Jateng menyumbangkan bilik antiseptik kepada pengurus Masjid AgungbJawa Tengah. Bilik ini dianggap lebih aman karena menggunakan cairan antiseptik bukan cairan disinfektan. (foto: zykka)


Semarangsekarang.com - Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Daerah Jateng menyumbangkan bilik antiseptik kepada Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di jalan Gajah Raya Semarang.
Koordinator IKAL Peduli Penanggulangan COVID-19, David Maharya Ardyantara mengatakan, bilik yang disumbangkannya ini menggunakan cairan disinfektan. Sebab, disinfektan dinilai tidak cocok untuk penggunaan langsung ke manusia.
Menurut David , berdasarkan hal itu, pihaknya kini menggantikan bahan sterilisasi yang lebih aman bagi manusia dengan cairan antiseptic. Sehingga, para jamaah yang hendak masuk ke MAJT tidak perlu disemproti disinfektan.

"Bilik Antiseptik ini hasil modifikasi dari rekan-rekan IKAL Jateng," kata David di MAJT, Rabu (08/04/202)

Dia menjelaskan,  nantinya tiap orang yang hendak ke masjid wajib memasuki bilik tersebut. Sehingga jamaah yang hendak salat di MAJT pun wajib memasuki bilik antiseptik tersebut. Orang di dalam bilik itu cukup menekan tombol yang telah disediakan supaya semburan embun antiseptik menyelimutinya.

David menerangkan, untuk saat ini pihaknya menyumbangkan satu bilik antispetik. Rencananya dalam waktu dekat, IKAL Jateng bakal menyunbangkan dua bilik lagi di MAJT.

Selain di Semarang, David juga turut membagikan bilik semacam ini ke sejumlah daerah antara lain, Magelang dan Temanggung. Termasuk akan memberi bantuan serupa ke Surakarta.

"Kami memberikannya bilik itu ke sejumlah tempat fasilitas umum, contohnya masjid. Untuk cairannya sendiri, kita pakai antiseptik, bukan disinfektan. Cairan antiseptik ini bisa didapat dari dettol maupun air rebusan daun sirih. Untuk bahan cairannya pun kita kasih yang aman bagi manusia," tutur David.

Tetap wajib steril

Wakil Sekretaris Pengelola MAJT, Muhyiddin mengakui, nantinya, tiap jamaah yang memasuki ruang MAJT wajib terlebih dahulu mensterilkan dirinya di bilik antiseptik. tersebut

Meski anjuran salat berjamaah saat ini ditiadakan, Muhyiddin menyebut, bilik antiseptik itu tetap perlu tersedia di MAJT. Pasalnya, bilik itu juga berguna bagi para muadzin, pengurus, maupun warga yang hendak melaksanakan salat munfarid (salat sendiri).

"Meski sekarang situasi darurat karena pandemi virus corona Covid-19, MAJT tetap terbuka. Namun, tidak dibuka untuk salat berjamaah. Tapi, para muadzin dan pengurus kan tetap perlu mensterilisasikan dirinya. Maka dari itu, bilik ini sangat bermanfaat sekali bagi banyak orang," pungkas Muhyiddin. (zykka-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment