Jamaah Umrah Indonesia di Moratorium Arab Saudi
Perlu kebijakan dan pendekatan ke Arab Saudi

By Redaksi SS 27 Feb 2020, 13:38:41 WIB Internasional
Jamaah Umrah  Indonesia di Moratorium Arab Saudi

Keterangan Gambar : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat menerima Sekjen Liga Muslim, HE Mr Sheikh Mohammad bin Abdulkarim Al Issa di Gedung MPR RI di Jakarta, Kamis (27/02/2020).


Semarangsekarang.com (Jakarta) - Kerajaan Arab Saudi melakukan pembatasan sementara bagi kunjungan ke dalam negerinya untuk ibadah umrah dikarenakan merebaknya virus corona. Hal tersebut mendapatkan perhatian dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ihsan Yunus.

"Kaget juga kita, mengingat kita selama ini bebas dr corona virus" ujarnya saat ditemui wartawan di komplek Parlemen Kamis (27/02/2020).

Ihsan Yunus juga meminta Pemerintah lewat Duta Besar RI di Arab Saudi untuk melakukan pendekatan lebih lanjut. "Kita minta Pak Dubes pendekatan (ke Arab Saudi). Semua informasi agar jelas. Antusiasme umat kita kan besar, tentunya jangan sampai dikorbankan. Sejauh ini epidemi virus ini terdampak disana yang kita juga perlu tahu, agar ada kalkulasi dan penanganan lebih lanjut" tambah Politisi PDI Perjuangan ini.

Ihsan berharap semua masyarakat tetap tenang menyikapi masalah tersebut. "Saya berharap masyarakat tenang, calon jamaah umrah yang akan berangkat juga tenang. Kita akan dorong Pemerintah ambil langkah konkrit soal ini" tandasnya.

Mohon Pemerintah Arab Saudi Bijaksana

Sementara itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Liga Muslim Dunia dan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, meminta kebijaksanaan pemerintah Arab Saudi untuk mempertimbangkan kembali penghentian sementara kunjungan jamaah Indonesia melakukan ibadah umrah. Terlebih, sampai saat ini Indonesia masih bersih dari Corona (Covid-19).

"Berbeda dengan negara lain seperti Malaysia, Thailand, Singapura, India, Pakistan, dan lainnya yang terkena penghentian sementara umrah lantaran di negaranya sudah ditemukan banyak warga yang terkena virus Covid-19, di Indonesia sejauh ini masih bersih. Pelarangan tersebut akan membuat sedih para jamaah Indonesia, yang setiap tahunnya tak kurang dari 1 juta jamaah melakukan ibadah umrah," ujar Bamsoet saat menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (Rabithah Al Alam Al Islami), H.E. Mr.  Sheikh Mohammed bin Abdulkarim Al Issa, di Gedung MPR RI, Jakarta, Kamis (27/02/2020).

Turut hadir dari jajaran Liga Muslim Dunia antara lain Deputy Secretary General for International Relations Mr. Mohammed Saeed Almajdoui, General Advisor to the Secretary General Mr. Osamah Jibran Alqahtani, Director World Moslem League Office in Jakarta Fahad Mohammed Alharbi. Hadir pula Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Mr. Essam bin Abed Al-Thaqafi. Sedangkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didampingi para Wakil Ketua MPR RI, antara lain Ahmad Muzani, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan dan Hidayat Nur Wahid. (mbd/mnr-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment