Kakek Para Pendekar
Adi Sukmono

By Redaksi SS 20 Apr 2018, 14:06:33 WIB Tokoh / Profil
Kakek Para Pendekar

Keterangan Gambar : Adi Sukmono, olahraga karate yang telah ditekuninya selama 34 tahun sudah mendarah daging dalam mewarnai perjalanan hidupnya.


Semarangsekarang.com--Banyak manfaat yang sudah dirasakan Adi Sukmono setelah ia berlatih beladiri karateka sejak  tahun 1984. Ia makin "pede" dan bisa menjaga diri. Terhindar dari kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum-minuman keras. Serta mampu bersikap sportif dan berdisiplin. 

Dengan karate, Adi begitu ia biasa disapa memiliki banyak teman. Maklum karena dalam 34 tahun berkecimpung dalam dunia beladiri, suami Budi Saptawati, ini  sudah melahirkan ratusan atlet bahkan puluhan pelatih di bawahnya. 

“Ibarat keluarga, saya ini sudah seperti kakek, saya punya cucu dan cicit yang sudah menjadi pelatih. Dan itu membuat saya  senang dengan apa yang sudah saya kerjakan selama ini”, kata pria kelahiran Banyumas,12 Oktober 1971, ini menambahkan. 

Sadar dengan segala potensi yang ada dalam Karate, bapak dua dua anak, ini pun menurunkan keahliannya kepada anak-anaknya. Ini ia lakukan, karena selain agar bisa menjaga kesehatan, karate menurut Adi sangat cocok bagi laki-laki. 

Dalam 34 tahun kiprahnya di karate, bungsu empat bersaudara pasangan Mulyati dan Suratno, ini memiliki berbagi pengalaman. Mulai yang lucu, ksatria maupun hal-hal konyol. 

“Saya pernah menjadi backing teman-teman saat mereka merasa dalam  bahaya. Tapi saya juga sempat menghadapi  bahaya, karena harus membela teman yang lemah dan teraniaya. Semua itu sudah menjadi darah daging dalam perjalanan hidup saya”, kata Wakil Komisi Perwasitan, Federasi Olahraga Karate-do Indonesia itu menambahkan. 

Adi yang kini berusia 46 tahun berharap, generasi muda mau mengisi sebagian waktunya dengan berlatih karate. Selain baik bagi kesehatan, karate juga bisa memberi banyak manfaat seperti yang sudah dia rasakan. (mbd-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment