Kanker Paru-Paru Bukan Halangan Berdedikasi
DR Sutopo Purwo Nugroho, MSi, APU (Kapusdatin dan Humas BNPB)

By Redaksi SS 03 Okt 2018, 10:47:06 WIB Tokoh / Profil
Kanker Paru-Paru Bukan Halangan Berdedikasi

Keterangan Gambar : Sutopo Purwo Nugroho ketika menggelar jumpa pers perihal informasi gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, beberap waktu lalu.


Semarangsekarang.com--Sosok yang satu ini siapa yang tak kenal, apalagi akhir-akhir ini ketika banyak bencana melanda negeri ini. Wajahnya justru semakin sering muncul di layar kaca ketika banyak bencana sehingga banyak orang makin mengenal pria yang selalu tampil ceria. Dialah, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bagi awak media, Sutopo bukanlah nama yang asing. Pasalnya, pria yang 7 Oktober ini bakal berusia 49 tahun ini selalu mewartakan setiap kejadian bencana yang terjadi disetiap sudut daerah di Indonesia. Sutopo selalu mengirim release ke media-media di Indonesia. Tak hanya itu ia selalu meng-update release setiap ada perkembangan terbaru di setiap bencana.

Bisa dibilang dia bekerja dengan profesionalisme dan dedikasi yang tinggi. Tak kenal waktu tak kenal tempat, informasi terbaru selalu disampaikan ke masyarakat lewat awak media. Sehingga masyarakat bisa menjadikan informasi dari BNPB untuk dipedomani dan dijadikan rujukan yang valid, karena selalu disajikan dengan data akurat dan tepat sesuai laporan dari lapangan.

Kerja kerasnya membuat banyak media massa merasa beruntung selalu mendapatkan update berita temuktakhir secara cepat dari Sutopo Purwo Nugroho. Namun siapa sangka pria asal Boyolali ini sebenarnya banyak mengorbankan kepentingan pribadi untuk kerja mulianya dalam menyampaikan informasi sekecil apapun yang didapat dari lokasi-lokasi kejadian bencana alam.

Sekilas orang tak akan melihat bahwa ditengah aktifitasnya yang terlihat energik tersimpan penderitaan pribadinya yang tak pernah dikeluhkan ke banyak orang maupun awak media. Sebenarnya selama ini Sutopo juga berjuang dengan penyakit kanker paru-paru  stadium IV B.

Hal luar biasa yang tercium awak media terjadi kala bencana tanah longsor di Kabupaten Brebes, beberapa waktu silam. Kala itu ditengah pengobatan (operasi) penyakitnya di ruang operasi, Sutopo masih sempat merelease perkembangan terbaru tentang bencana longsor Brebes. Informasi yang dikirim dilapangan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas maupun TNI-Polri langsung di update menjelang operasi di ruang operasi setelah minta ijin kepada tim dokter. Ini menunjukan bahwa ia selalu bertanggungjawab dengan pekerjaannya dengan mengalahkan kepentingan pribadi.

Terakhir ketika gempa Lombok pada Selasa (21/8/2018), Sutopo langsung mengeluarkan siaran pers terbaru perkembangan terbaru berkaitan dengan gempa Lombok, padahal sehari sebelumnya Senin (20/8/2018) baru saja melakukan sedot cairan yang ada di paru-parunya dan kemoterapi di rumah sakit. Profesinya benar-benar melupakan semua rasa sakitnya.

Jadi pantaslah kalau bapak dua anak dari istrinya Retno Utami Yulianingsih SH ini disebut sebagai seorang pejabat publik yang berdedikasi tinggi dan dikenal banyak media dan masyarakat luas. Dia dikenal sebagai yang rajin belajar sejak kecil.

Cita-cita sebagai guru

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA 1 Boyolali, ia menempuh ke Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, kemudian untuk jenjang S2 dan gelar doktornya berasal dari Institut Pertanian Bogor. Awal karir dimulai sebagai peneliti di UPT Hujan Buatan BPPT dan Teknologi Mitigasi Bencana BPPT. Kemudian baru tahun 2010, dipekerjakan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga sekarang sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Kini Sutopo menjabat sebagai Kapusdatin dan Humas BNPB, karir yang sebenarnya bukan menjadi cita-citanya sejak kecil. Pria yang sudah menghasilkan lebih dari 70 jurnal ilmiah ini awalnya bercita-cita menjadi seorang guru, hal ini dilatarbelakangi oleh pekerjaan bapaknya yang menjadi seorang guru Sekolah Dasar (SD). (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment