Kelenteng Kwan Sing Bio Bakar Replika Kapal
Ulambana (sembahyang arwah) warga Tionghoa

By Redaksi SS 09 Agu 2019, 20:21:16 WIB Ragam
Kelenteng Kwan Sing Bio Bakar Replika Kapal

Keterangan Gambar : Rohaniawan suhu The Tjoe Tjwan (depan kanan) didampingi Ketua Dewan Pembina Kelenteng Kwan Sing Bio, Prajito (kiri depan) saat ritual sembahyang arwah jiauw thu, Jumat sore (9/8/2019). (foto: stp)


Semarangsekarang.com - Menurut penanggalan Tionghoa, bulan Agustus ini bertepatan dengan bulan 7 Imlek.
Pada bulan 7 atau jit gwee inilah warga Tionghoa banyak mengikuti sembahyang arwah atau ulambana yang diadakan di kelenteng-kelenteng.

Tak terkecuali di Kelenteng Kwan Sing Bio di Jalan Tanggul Mas Raya 9, Tanah Mas, Semarang.
Di kelenteng ini umat mengikuti sembahyang untuk mengirim doa dan aneka sesaji kepada arwah sanak keluarga yang sudah meninggal, pada bulan 7 tanggal 9 imlek, atau bertepatan Jumat, 9 Agustus ini.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Tri Setia Bhakti Kelenteng Kwan Sing Bio, PrajitoTjhia memimpin sembahyang arwah, yang di kelenteng ini disebut dengan ritual jiauw thu (menyeberangkan arwah), yaitu menyeberangkan arwah leluhur yang telah meninggal dunia menuju surga. 

Sejak pagi hari aneka sesajian dan nama-nama arwah sanak keluarga yang sudah meninggal, ditaruh di sejumlah meja besar di pelataran samping kelenteng.
Suhu The Tjoe Thwan dari Gunung Kalong Ungaran memimpin sembahyang arwah pada pukul 15.00 WIB.

Tepat pukul 18.00 WIB dilakukan puncak jiauw thu, dengan membakar replika kapal.

Replika kapal tersebut melambangkan kendaraan yang mengangkut aneka bekal dari sanak keluarga yang masih hidup, untuk dikirimkan kepada arwah keluarganya yang telah meninggal dunia.

"Selain replika kapal, juga dibakar Replika Tay Sing Ya. Dia adalah jelmaan dari Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menjelma mewujud rupa menjadi raksasa raja setan. Itu dilakukan oleh Dewi Kwan Im untuk menumpas semua setan, agar semua setan tunduk, agar tidak mengganggu umat manusia," kata Prajito. (stp-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment