Kera Kreo Ternyata Punya Jam Rehat

By Redaksi SS 08 Jan 2018, 10:51:22 WIB Wisata
Kera Kreo Ternyata Punya Jam Rehat

Keterangan Gambar : Mbah Suman (80 tahun), juru kunci Bukit Kreo, berbaju sorjan, saat berfoto bersama wisatawan di kawasan wisata Gua Kreo Kota Semarang.


Semarangsekarang.com—Bagi pengunjung tempat wisata Gua Kreo Semarang, pasti salah satu tujuannya ingin melihat keberadaan kera kreo, selain menikmati keindahan panorama alam atau waduk Jatibarang.

Bagi beberapa pengunjung mungkin sempat kecewa, ketika berwisata ke alam kreo yang sedianya ingin melihat atau bertemu kera penghuni alam Kreo harus kecewa, lantaran tidak bertemu satupun hewan primata tersebut.

Bagi yang tidak sempat ketemu kera, biasanya kedatangannya pada saat yang kurang tepat. Lantaran bertepatan dengan jam istirahat kera Kreo yakni sekitar pukul 11.00-13.00 wib. Karena pada jam-jam tersebut binatang menyusui ini sedang istirahat.

“Kalau jam-jam sebelas siang sampai sekitar satu siang, kera atau monyet  disini  memang sudah terbiasa istirahat siang,” kata Mbah Suman, juru kunci gua kreo.

Ternyata monyetpun punya jam istirahat. Terbukti , pada saat jam 11.00-an, memang sulit untuk menjumpai monyet di tempat wisata alam Kreo, yang biasanya terlhat hamper ditiap sudut kawasan wisata bukit Kreo.

“Hal seperti ini sudah berlangsung puluhan tahun, jika siang monyet disini  menghilang di atas pohon-pohon dan gua diatas bukit kreo. Namun setelah jam satu, secara otomatis monyet-monyet satu persatu akan kembali bermunculan,” tandas juru kunci yang sudah berusia 80 tahun tersebut.

Sejak Mbah Suman menjadi juru kunci di tempat wisata Gua Kreo, para kera memang sudah berperilaku seperti ini, jadi menurut pria yang senantiasa mengenakan baju jawa sorjan dan berblangko ini tidak bisa mengubah kebiasaan para kera Kreo.

“Saya sudah sejak usia 20 tahun ditempat ini, saat semuanya masih berupa perbukitan dengan ratusan kera ditempat ini, dan sampai sekarang pun setelah bukitnya dikelilingi waduk, perilaku jam istirahat kera tidak pernah berubah,”jelas pria asli dari daerah sekitar bukit kreo tersebut.

Bagi mbah Suman, kera Kreo sudah menjadi bagian dari hidup sehari-harinya. Sehingga sangat tidak sulit untuk mencari pria murah senyum tersebut. Mbah Suman, juga memberitahukan bahwa kera Kreo termasuk kera-kera tidak bandel dan tidak jahil, jadi kalau pengunjung atau wisatawan dating ke tempat ini tidak perlu takut. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment