Kirab Cheng Ho Disambut Antusiasme Warga
Peringatan 114 tahun pendaratan Cheng Ho

By Redaksi SS 04 Agu 2019, 13:45:57 WIB Semarangan
Kirab Cheng Ho Disambut Antusiasme Warga

Keterangan Gambar : Ribuan warga menyemut di pelataran Kelenteng Sam Poo Kong Gedung Batu di Jalan Simongan, Minggu (4/8/2019) pagi, saat perayaan memperingati 114 tahun pendaratan Paksamana Cheng Ho. (foto : stp)


Semarangsekarang.com - Ribuan warga Tionghoa mengikuti kirab perayaan 114 tahun pendaratan Laksamana Cheng Ho, Minggu (4/8/2019) pagi .

Kirab perayaan pendaratan Laksamana Cheng Ho dimulai dari Kelenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok 62 Semarang Tengah dimulai berangkat pukul 05.00 WIB, dan finish di Kelenteng Sam Poo Kong Gedung Batu di Jalan Simongan. Jalur yang dilakui ini diyakini sebagai petilasan Cheng Ho.

Laksamana Cheng Ho sendiri oleh warga Tionghoa mendapat julukan kebesaran Sam Poo Tay Djien, dan merupakan duta dagang dari Tiongkok, pads masa Dinasti Ming, yang melakukan pelayaran besar besaran pada tahun 1405. 
Singgah di Simongan yang waktu itu merupakan pantai.

Kirab ini sendiri selain memperingati kedatangannya, juga sebagai ritual menyatukan abu sembahyang Sam Poo Tay Djien dengan abu atau dupa sembahyang yang ada di Kelenteng Sam Poo Kong.

Acara arak-arakan sendiri berlangsung semarak dengan menyusuri jalur protokol Kota Semarang. Mulai dari Jalan Gang Pinggir, Kranggan, Jalan Depok, Jalan Pemuda, Tugu Muda, Sugiyopranoto, Bojongsalaman, dan berakhir Sam Poo Kong Simongan.

Sepanjang rute yang dilalui rombongan kirab, disambut antusiasme ribuan warga menyaksikan dari pinggir jalan. (stp-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment