Kuliner Harus Kompetitif dan Punya Kekhasan
Pelatihan tata kelola destinasi kuliner

By Redaksi SS 18 Sep 2019, 08:01:19 WIB Ragam
Kuliner Harus Kompetitif  dan Punya Kekhasan

Keterangan Gambar : Peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi Kuliner yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang berfoto bersama Sekda Kota Semarang.



Semarangsekarang.com - Industri Pariwisata harus mempunyai peran penting dalam bidang usaha kuliner, yaitu harus memiliki pengetahuan dan skill guna meningkatkan produk kuliner yang dihasilkan serta memiliki ciri khas yang unik dalam kemasan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminudin MT saat membuka pelatihan tata kelola destinasi kuliner yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang di Hotel Star Semarang.

Menurut Iswar ,  kuliner harus memenuhi syarat kesehatan makanan, serta selalu inovatif dalam pemanfaatan bahan baku produk lokal dan memanfaatkan tenaga kerja dari masyarakat.

“Kuliner haruslah enak, murah, sehat dan bergizi. Makanan enak yang memanjakan lidah akan diburu wisatawan dimanapun tempatnya” kata Iswar.

Iswar mengatakan, produk kuliner dengan harga yang kompetitif, proses pengolahan dan penyajiannya memenuhi standar kesehatan serta kandungan gizi yang tinggi menjadikan kuliner dimaksud mempunyai daya saing tinggi dibanding produk kuliner lainnya untuk menarik pembeli maupun wisatawan. 

“Kuliner di suatu tempat bisa menjadi ciri khas daerah sebagai salah satu kebutuhan utama bagi wisatawan untuk di konsumsi di tempat ataupun untuk dibawa pulang ke daerahnya sebagai oleh-oleh dari daerah yang dikunjunginya” kata Iswar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Semarang Indriyasri mengatakan, dalam perkembangannya wisata kuliner bukan hanya sekedar menikmati menu makanan ditempat atau dibawa pulang.

Menurut Indriyasari,  dalam kuliner proses pembuatan mulai dari penyediaan bahan baku, pengolahan bahan baku, pengolahan masakan dan pengemasannya dapat dijadikan paket wisata yang sangat menarik dan digemari wisatawan.
  
“Saya berharap dengan program pelatihan ini akan semakin menumbuhkan kreatifitas dan inovasi baru dalam bidang kuliner serta paket-paket wisata yang menarik dan beragam di Kota Semarang sehingga mampu meningkatkan perekonomian di masyarakat” kata Indriyasari. (zykka-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment