Lawan Kanker pada Anak
Gamjat: Perlu simpati dan kepedulian pada mereka

By Redaksi SS 17 Feb 2019, 14:31:59 WIB Ragam
Lawan Kanker pada Anak

Keterangan Gambar : Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah bersama istri, Atikoh saat nenyambangi YKAKI, dalam peringatan Hari Anak Kanker Sedunia di Senarang, Minggu (17/2/2019).


Semarangsekarang.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat peduli terhadap anak penderita kanker dan tumor di Indonesia. Banyak hal yang bisa dilakukan, baik dengan memberikan donasi atau dukungan-dukungan lainya.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengikuti gowes bersama Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia di Semarang, Minggu (17/1/2019) pagi. Bersama istri, Siti Atikoh, Ganjar kompak gowes bersama dengan mengenakan kaos bertuliskan ‘Lawan Kanker Pada Anak’ dan pita kuning di dada sebagai tanda kepedulian.

“Banyak hal yang bisa kita berikan kepada anak-anak penderita kanker. Yang saya lakukan ini adalah bentuk simpati dan kepedulian kepada mereka. Karena tidak hanya orang tua anak yang harus peduli, kita semua juga dituntut ikut peduli dengan kondisi mereka,” kata Ganjar.

Dengan simpati dan kepedulian masyarakat, anak-anak penderita kanker merasa memiliki teman dan menjadi lebih bersemangat melawan penyakitnya.

“Orang tua juga tidak perlu cemas, meskipun saya rasa mereka berat menerima kondisi ini. Sebab saat ini dunia kedokteran sudah sangat canggih. Nah dukungan moral dan psikologis semacam ini memang sangat dibutuhkan untuk orang tua dan anak penderita kanker. Hari ini saya hadir untuk mereka,” imbuh mantan anggota DPR RI ini.

Gubernur juga menyayangkan, masih adanya stigma negatif masyarakat terhadap anak-anak penderita kanker, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekitar hingga di sekolah. Padahal yang mereka butuhkan justru dukungan dan kasih sayang dari orang di sekitarnya.

“Kadang-kadang itu terjadi. Maka kita yang tua-tua ini, yuk, mari mengajari mereka bahwa itu saudaramu yang membutuhkan rasa batin, hati yang gembira. Mari kita ajak mereka bergembira, sambil kita doakan agar bisa saling menyayangi antara sesama,” tutupnya.(faf/jtgpgoid-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment