Lomba Gapura Cinta Negeri, Berhadiah Rp 1 Miliar
Digelar oleh pemerintah pusat

By Redaksi SS 08 Agu 2019, 13:41:58 WIB Ragam
Lomba Gapura Cinta Negeri, Berhadiah Rp 1 Miliar

Semarangsekarang.com - Pemerintah punya cara unik untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-74 RI tahun ini. Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Ekonomi Kreatif menggelar lomba menghias gapura bagi masyarakat umum, lembaga, perusahaan, serta instansi. Khusus untuk kategori umum, diikuti kelompok masyarakat tingkat RW. Seluruh masyarakat Indonesia bisa mengikuti perlombaan yang digelar pada 17 Juli hingga 17 Agustus 2019. Total, ada Rp 1 miliar yang akan diberikan kepada pemenang.

Kriteria penilaian yang akan jadi bahan pertimbangan juri nanti, antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kraativitas produksi, semangat gotong royong, dan kebersamaan. Informasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website www.gapuracintanegeri.com. Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungannya, dan 6 foto gapura hasil karyanya.

Periode pengiriman mulai tanggal 17 Juli hingga l7 Agustus 2019. Selain itu, dalam rangka memeriahkan Festival Gapura Cinta Negeri peserta diharapkan mengunggah video dan foto kemeriahan proses pembangunan gapura di media sosial dengan menggunakan hashtag #GapuraCintaNegeri dan mention ke akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) @FestivalGapura.

Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia kurasi, untuk selanjutnya para kurator akan menyeleksi 50 finalis gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori Iembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi.

Pada penghujung Festival Gapura Cinta Negeri, akan terpilih 10 pemenang gapura dari Kategori Umum dan 3 pemenang gapura dari Kategori Instansi/Lembaga/Perusahaan/Organisasi. Gapura terbaik di antara 10 pemenang gapura dari Kategori Umum akan mendapatkan Piala Bergilir Presiden. Netizen juga akan mendapatkan kesempatan untuk memilih Gapura Favorit. Setiap pemenang gapura akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Pemerintah menyediakan total hadiah Rp 1 miliar dan 15 piala. Rinciannya, 10 piala dan piagam untuk 10 pemenang gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang, 1 piala Presiden bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik kategori masyarakat umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang, serta 3 piala dan piagam untuk 3 pemenang gapura kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang. Pemerintah juga menyediakan 1 piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta. (faf/humas-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment