Masyarakat Perlu Tahu Fungsi Yellow Box Junction

By Redaksi SS 30 Jul 2019, 12:19:36 WIB Semarangan
Masyarakat Perlu Tahu Fungsi Yellow Box Junction

Keterangan Gambar : Yelow Box Junction, marka yang masyarakat belum banyak yang tahu fungsi keberadaannya.


Semarangsekarang.com - Bagi sebagian pemakaian jalan raya mungkin pernah melihat ada rambu bercat kuning berbentuk persegi panjang, kemudian di sudutnya saling menyilang garis yang berwarna kuning juga. Rambu ini biasanya terdapat di perempatan yang ada traffict light-nya. Namun masyarakat awam masih banyak yang bertanya apa fungsinya dan apa akibatnya. 

Nama rambu marka itu bernama Yellow Box Junction (YBJ) atau kotak kuning berbentuk garis persegi yang berukuran besar dan terdapat dipersimpangan jalan. YBJ ini bentuk dari perwujudan dari marka jalan dengan cat kuning yang digunakan agar terlihat jelas. YBJ merupakan salah satu infrastruktur yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Termasuk yang ada di Kota Semarang yang dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang dan salah satu YBJ yang ada di Kota Semarang hanya terdapat di Jl Pandanaran karena jalan tersebut menjadi salah satu titik kepadatan kendaraan di pusat kota.

YBJ berfungsi untuk mencegah kepadatan lalu lintas dipersimpangan jalan, dimana ketika lampu pengatur lalu lintas sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar.Jadi jika pengendara melihat jalur didepan tersendat, sebaiknya tidak memaksa masuk ke YBJ walaupun lampu masih hijau. Sehingga ketika jalur lain hijau tidak akan terjadi tersendatnya arus lalu lintas.

Sama seperti marka dan rambu lainnya, YBJ tentu akan berfungsi maksimal jika ada kesadaran pengguna jalan. Kesadaran itu pula yang menjadi kunci kelancaran arus lalu lintas. Dengan adanya YBJ ini diharapkan dapat mengurai kepadatan lalu lintas di persimpangan yang merupakan kawasan pusat oleh-oleh  Jl.Pandanaran yang menjadi pusat kota sekaligus pusat oleh-oleh Kota Semarang. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment