Pembekalan Mental Mahasiswa Lewat Aikido
Pembekalan Mental Kepemimpinan Untag Semarang

By Redaksi SS 28 Nov 2017, 12:30:57 WIB Olahraga
Pembekalan Mental Mahasiswa Lewat Aikido

Keterangan Gambar : Aikidoka USM berfoto bersama dosen FE Untag, Sinsei dan perwakilan dari arhanud usai latihan di aula Gelatik Arhanud Semarang


Semarangsekarang.com – Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Semarang menggandeng Dojo Aikido USM Jaya Bushido, menyelenggarakan kegiatan untuk pembekalan mental kepemimpinan mahasiswa. Kegiatan ini diadakan di aula Gelatik Yon Arhanud Semarang Senin (27/11) siang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses membentuk mental mahasiswa Untag, salah satunya melalui berlatih aikido. Karena pada dasarnya, dengan berlatih aikido seseorang diyakini akan lebih mudah menguasai diri, sehingga emosi seseorang akan mudah dikendalikan.

Menurut Adi Ekopriyono, dosen Fakultas Ekonomi Untag, kegiatan seperti ini memang baru pertama kali diadakan. Dan berharap dengan aikido lah seseorang akan lebih mudah dibentuk karakter mental kepemimpinannya.

“Manfaat berlatih aikido salah satunya untuk membentuk karakter seorang pemimpn melalui gerakan-gerakan dan teknik yang ada disetiap jurusnya, dan bila ini dikuasai dengan baik tentu akan membuat mental kepemimpinan yang baik,”kata Adi, yang dalam waktu dekat juga Untag juga berencana mendirikan dojo aikido senditi.

Dalam kesempatan itu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diajarkan beberapa teknik dasar dalam aikido yang diperagakan langsung oleh para aikidoka dari dojo USM, yakni Guslim Lintang dan Ilham. Dengan sesekali mahasiswa yang berminat untuk mencoba diberi kesempatan mempraktekan langsung gerakan aikido secara benar.

Pada kesempatan itu juga hadir sinsei Gautama, pemilik DAN III Aikido asal Semarang, yang tidak hanya memberikan practice training gerakan aikido secara tepat dan benar, tetapi juga memberikan informasi tentang filosofi-filosofi yang ada disetiap gerakan aikido dihadapan mahasiswa Untag Semarang.

“Setelah belajar aikido kita harus tahu apa itu aikido dan apa-apa saja yang dipelajari apa itu aikido, karena pada dasarnya aikido itu bisa membentuk karakter seseorang untuk memahami niat, pikiran dan penguasaan emosi dalam rangka membantu membentuk mental seorang pemimpin,” jelas Gautama di sela-sela latihan di aula Arhanudse Senin kemarin. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment