Penerima BST Kemensos Kota Semarang 47.129
Kebanyakan disalurkan lewat kantor pos

By Redaksi SS 11 Mei 2020, 19:13:32 WIB Semarangan
Penerima BST Kemensos Kota Semarang 47.129

Keterangan Gambar : Sebagian penerima Bantuan Sosial Tunau (BST) tampak mengantri didepan salah satu kantor pos di Kota Semarang. (foto: zykka)


Semarangsekarang.com - Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah melalui Kementerrian Sosial (Kemensos) sudah disalurkan melalui Kantor Pos. Di Kota Semarang ada  47.129 warga yang berhak untuk menerima bantuan ini.

Kepala Kantor Pos Semarang Johar Mujiyono mengatakan, pihaknya kantor pos hanya menjadi juru bayar dari pemerintah pusat yang mempunyai program pemberian bantuan sosial tunai (BST) dari kementerian sosial. Sudah sejak Jumat (08/05/2020) pihak kantor pos sudah menyalurkan BST kepada warga yang sudah terdata.

"Dari 47.129 warga yang menerima BST, kami membagi ke 33 cabang kantor pos pembantu sehingga tidak semua disalurkan melalui kantor pos pusat agar tidak terjadi kerumunan dan penumpukan warga saat mengambil bantuan" kata Mujiono saat di temui wartawan di kantor pos Johar Semarang, Senin (11/05/2020).

Cara pencairan BST di kantor pos Semarang, Menurut Mujiono ada 3 cara. Pertama skema door to door, dimana petugas pos akan mengunjungi langsung rumah penerima BST. Kedua, disalurkan di kantor pos seperti yang dilakukan hari ini.Ketiga, disalurkan melalui kecamatan atau kelurahan.

"Wali Kota Semarang mempersilakan pada kami, baiknya bagaimana, yang penting koordinasi," tutur Mujiono.

Mujiono mengatakan, Kantor Pos Semarang menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) putaran pertama kepada 47.129 warga yang terdata untuk mendapat uang  sebesar Rp 600 ribu. bantuan yang disalurkan kali ini akan berlangsung dalam tiga bulan,  untuk putaran pertama bulan April ini diberikan di bulan mei. sedangkan  untuk putaran kedua bulan Mei akan diberikan pada bulan juni, begitupun  putaran ketiga bulan Juni akan diberikan di bulan berikutnya, 

"Semua kebijakan pemberian berasal dari aturan kementerian sosial, kantot pos hanya berperan sebagai juru bayar saja Karena modelnya dari Kemensos menghendaki tidak langsung diberikan tiga bulan, tapi bertahap, dilihat progresnya seperti apa" kata Mujiono

Sementara terkait nama-nama penerima BST ini, pihak Kantor Pos tidak mengetahui secara jelas. Masalah data itu menjadi tanggung jawab Kemensos maupun Dinsos di masing-masing kota. Pihak kantor pos hanya fokus pada distribusi.

Berdasarkan koordinasi, dari 16 kecamatan di Semarang, ada beberapa yang disalurkan langsung lewat kelurahan. Yakni di kecamatan Genuk, Pedurungan, Mijen, Tugu dan Ngaliyan. (zykka-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment