Pentas Budaya Perdana di Taman Indonesia Kaya

By Redaksi SS 29 Okt 2018, 09:11:24 WIB Semarangan
Pentas Budaya Perdana di Taman Indonesia Kaya

Keterangan Gambar : Pementasan budaya untuk pertama kalinya di Taman Indonesia Kaya Kota Semarang. (dok: semarangkota.go.id)


Semarangsekarang.com - Pementasan budaya untuk pertama kalinya di Taman Indonesia Kaya Kota Semarang, Sabtu malam (27/10/2018), sukses menarik dan menghibur ratusan warga di Taman yang dulu dikenal Taman Menteri Supeno.

Masyarakat pun disajikan pertunjukan berjudul Misteri Sang Pangeran yang ditulis dan disutradarai oleh Agus Noor pada pukul 19.00 WIB di Taman Indonesia Kaya, Semarang.

Penulis sekaligus sutradara Misteri Sang Pangeran, Agus Noor dalam kesempatan yang sama menyebutkan Pementasan ini mengambil bentuk dan spirit teater rakyat dengan kisah yang ditampilkan pun juga diolah dari khasanah cerita rakyat Indonesia yang telah banyak berkembang. 

"Harapannya dari kisah rakyat tersebut dan lakon ini, kita dapat memetik hikmah dan kebajikan untuk melihat situasi pada hari ini,” ujar Agus Noor, selaku sutradara lakon Misteri Sang Pangeran. 

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang hadir menyaksikan kegiatan tersebut sangat menyambut baik peran swasta dalam menyajikan pertunjukan kepada msyarakat Semarang.

Meski demikian evaluasi pun akan dilakukan utamanya untuk memberika sajian pertunjukan budaya yang lebih baik, atraktif dan memiliki nilai edukatif sekaligus melestarikan budaya asli Indonesia.

"Tentu kami sangat mengapresiasi acara Pentas teater rakyat karena merupakan momentum pagelaran outdoor yg bisa mengkolaborasi seniman semarang dan nasional. Next bisa tersosialisasi dengan baik acara disini sehingga masyarakat bisa tahu. Selain itu dengan pertunjukan ini sekaligus menekankan bahwa Kota Semarang punya tempat pertunjukan Taman Indonesia Kaya di pusat kota juga," ujar Ita sapaan akrab Wakil Wali Kota Semarang ini.

Salah satu seniman yang juga tim kreatif pementasan Misteri Sang Pangeran, Butet Kataredjasa menambahkan hadirnya Taman Indonesia Kaya di Semarang dapat memberikan angin segar bagi para seniman maupun komunitas seni, khususnya di Jawa Tengah. 

"Dengan adanya fasilitas panggung budaya, diharapkan juga semakin banyak seniman-seniman muda yang lahir dan memiliki ide dan gagasan yang lebih kreatif dalam mencipta karya dan memiliki karya seni pertunjukan yang dapat dinikmati oleh masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Butet. 

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation menyebutkan Taman Indonesia Kaya merupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang ditujukan sebagai wadah ekspresi para seniman dan pekerja seni. 

Diharapkan pementasan ini dapat menjadi sajian akhir pekan yang menghibur dan dapat semakin menumbuhkan rasa cinta masyarakat kota Semarang terhadap seni pertunjukan.

"Sebagai komitmen Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mengenalkan dan melestarikan seni budaya Indonesia, kami akan menyelenggarakan pertunjukan panggung budaya dan seni yang dapat dinikmati masyarakat setiap satu bulan sekali,” ujarnya.

Pementasan Misteri Sang Pangeran menampilkan Prie GS, Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Susilo Nugroho, Sruti Respati, Sahita, Hargi Sundari, Novi Kalur, Rio Srundeng, Semarang Magic Community, Sanggar Greget Semarang, Jagoan Jagoan Jawa Tengah, Teater Djarum, serta iringan musik dari Djaduk Ferianto dan Kuaetnika. (semarangkota.go.id-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment