Persija Juara Liga 1 Tahun 2018
Sriwijaya FC, Mitra Kukar dan PSMS Medan terdegradasi ke Liga 2

By Redaksi SS 09 Des 2018, 17:47:44 WIB Olahraga
Persija Juara Liga 1 Tahun 2018

Keterangan Gambar : Marco Simic merayakan gol nya yang pertama, ketika Persija mengalahkan Mitra Kukar 2-1. Sekaligus membawa Persija menjadi kampiun Liga 1 tahun 2018.


Semarangsekarang.com-Setelah 17 tahun akhirnya Persija Jakarta memastikan menjadi juara di persepakbolaan Indonesia di kancah Liga 1 tahun 2018, setelah mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (9/12/2018).

Dua gol kesebelasan asal ibukota dicetak Marco Simic pada menit 17 melalui titik pinalti dan menit 59. Sementara gol balasan Mitra Kukar dibukukan Aldino Hardianto menit 87. Dengan kemenangan ini Persija menorehkan 62 poin, angka yang tidak mungkin bisa dikejar tim lain usai pekan ke 34 Liga 1. 

Sementara pesaing Persija untuk menjadi juara PSM Makassar harus puas sebagai runner up meskipun menang besar 5-1 atas tamunya PSMS Medan, di Stadion Matoangin Andi Matalata, Makassar (9/12/2018).

Kemenangan besar PSM Makassar memang tidak mampu membantu tim berjuluk Juku Eja untuk menjadi juara. Karena hingga berakhirnya musim Liga 1 dalam 34 laga hanya mampu mengumpulkan 61 angka, selisih satu angka dari Persija.

Tiga tim terdegradasi

Sementara tiga kesebelasan yang harus terdegradasi turun ke kasta Liga 2 musim 2019. Masing-masing PSMS Medan yang usai kekalahan dari PSM Makassar menjadi juru kunci alias posisi 18 dengan 37 angka klasemen akhir.

Menyusul PSMS, Mitra Kukar yang ada satu strip diatas PSMS dengan mengumpulkan 39 angka usai dibekuk Persija 2-0. Sedang jatah satu slot degradasi harus diterima Sriwijaya FC yang kalah 1-2 dari Arema FC sehingga poinnya tetap 39.

Sedang PS Serui dan PS Tira yang sempat berada di zona merah lolos dari degradasi usai menang di laga pekan 34. PS Serui menundukan tuan rumah Persipura 2-0 dengan raihan angka total 42. Sedang PS Tira sukses menumbangkan tuan rumah Borneo FC 3-1 di Stadion Segiri Samarinda. Dengan hasil ini kesebelasan milik TNI ada di klasemen 15 dengan poin sama dengan Perseru 42. 

PS Tira tak hanya lolos dari zona degradasi, strikernya Alexander Rakic juga berhasil menjadi pencetak gol terbanyak musim ini dengan 21 gol, usai mencetak dua gol ke gawang Borneo FC. Gol Rakic ini melewati pemain Persebaya David da Silva yang mencetak 20 gol.

Selain menjadi juara. Pelatih Stefano Cugura Teco terpilih menjadi pelatih terbaik, tak hanya itu pemainnya Rohid Chand juga dinobatkan sebagai pemain terbaik musim ini. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment