Pinalti Kontroversial Gagalkan Kemenangan PSIS
PSIS ditahan tuan rumah Madura United 2-2

By Redaksi SS 26 Nov 2018, 19:12:33 WIB Olahraga
Pinalti Kontroversial Gagalkan Kemenangan PSIS

Keterangan Gambar : Bruno Silva saat merayakan gol ke 14-nya pada musim ini usai menjebol gawang tuan rumah Madura United, di Stadion Bangkalan Madura, Senin sore (26/11/2018).


Semarangsekarang.com--Akibat keputusan kontroversial wasit Nuzur Fadilah PSIS menjelang berakhirnya pertandingan. Tim kebanggaan Kota Semarang gagal menyabet tiga poin, dan harus puas berbagi skor 2-2 dengan tuan rumah Madura United (MU) di Stadion Bangkalan, Madura, Senin (26/11/2018).

Dua gol PSIS dicetak melalui tandukan Bruno Silva pada menit 37, gol ini merupakan golnya yang 14, sementara satu gol lagi dicetak Bayu Nugroho menit 67. Sedang dua gol MU dilesakan Fabiano pada menit 55 lewat sundulan dan 90+2 melalui pinalti.

Bagitu wasit meniup peluit dimulainya 45 menit pertama PSIS Semarang langsung menerapkan permainan impresif namum tetap tidak meninggalkan gaya sepakbola yang diusung Jafri Sastra, yakni dengan gaya khas compact defence.

Gol PSIS baru lahir pada menit 37 melalui tandukan Bruno Silva setelah menerima umpan assist dari Hari Nur Yulianto usai mengecoh kapten MU, Fabiano. 1-0 sementara PSIS unggul. Dan kedudukan ini tidak berubah hingga babak pertama usai.

Babak kedua berjalan tuan rumah MU langsung melakukan tekanan untuk membalas ketertinggalan gol pada babak pertama.

Serangan bergelombang melalui Greg Nwokolo, Bayu Gatra dan Slamet Nur Cahyo. Sehingga memaksa lini pertahanan PSIS terpaksa melakukan banyak pelanggaran di sekitar kotak 16 meter. Termasuk salah satu pelanggaran yang dilakukan Petar Planic terhadap Greg di sisi kanan pertahanan.

Melalui tendangan bebas yang dikirim Slamet Nurcahyo ke kotak pinalti berhasil ditanduk oleh Fabiano hingga menggetarkan gawang Jandia Eka Putra. Menit ke 55 tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan 1-1.

Setelah gol ini MU terus melakukan tekanan ke jantung pertahanan PSIS. Namun demikian pada menit ke 67 Laskar Mahesa Jenar kembali berhasil unggul 2-1 melalui kaki Bayu Nugroho. Proses gol kedua PSIS melalui direct long pass ke Bruno Silva dan lewat satu sentuhan bola dikirim ke Bayu yang berdiri bebas. Dengan satu sontekan mantan pemain Persis Solo ini langsung menjebol gawang MU yang dijaga Satria untuk kali kedua.

Setelah gol kedua PSIS para pemain MU kerap melakukan pelanggaran-pelanggaran keras kepada yang menjurus kasar. Sehingga memaksa wasit bekerja lebih jeli dalam mengambil keputusan. Namun ketidakjelian wasit pada menit 90 dalam mengambil keputusan mengakibatkan PSIS dihukum pinalti.

Keputusan pinalti ini diprotes keras para pemain PSIS yang menganggap Greg Nwokolo melakukan aksi diving, karena bola sebetulnya sempat dihadang kiper Jandia tanpa menyentuh Greg.

Namun keputusan kontroversial tetap dilakukan wasit dengan memberi hadiah pinalti, yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Fabiano. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Dengan hasil ini PSIS Semarang masih tertahan di posisi 12 dengan torehan 43 angka. Poin ini sama dengan yang dikoleksi Barito Putra di posisi 11 hanya saja PSIS kalah secara head to head. Dengan tambahan satu poin ini cukup membuat PSIS aman dari ancaman degradasi. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment