Saya Ini Orang Brebes
Dr Sarwo Edhy SP MM. Dirjend Prasarana dan sarana Pertanian

By Redaksi SS 25 Mar 2019, 11:04:48 WIB Tokoh / Profil
Saya Ini Orang Brebes

Keterangan Gambar : Dr Sarwo Edhy SP MM. Dirjend Prasaran dan sara Pertanian di ruang kerjanya. Ia punya prinsip punya beli tidak punya diam.


Semarangsekarang.com (Profil) Sejak lama, Brebes dikenal sebagai penghasil bawang merah dan telur asin. Kini, Brebes akan lebih dikenal lagi, setelah salah satu putera terbaiknya terpilih menjadi Direktur Jendral (Dirjend) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Dia adalah Dr. Sarwo Edhy SP, MM.

Sarwo adalah sosok yang bersahaja, termasuk dalam hal tersenyum. Tetapi, saat senyumnya pecah, tarlihat sekali bahwa bapak 4 putra ini sesungguhnya adalah pribadi yang ramah. Meski sikap ramahnya itu kerap tersembunyi karena kesibukannya sebagai abdi negara.

Sarwo Edhy diangkat menjadi Dirjend PSP awal januari 2019. Sebelumnya, pria kelahiran  Brebes, Jawa Tengah 22 Maret 1962, ini menjabat sebagai Direktur Buah dan Florikultura Ditjen Hortikultura Kementan. Ia menjadi bagian dari Kementan sejak 1983. Karena  itu ia paham benar seluk beluk Kementan, termasuk lika-likunya sebagai abdi negara.

“Menjadi PNS itu penghasilannya terbatas, makanya saya harus hidup sederhana. Saya punya prinsip, punya beli nggak punya diam. Prinsip kedua jangan buat masalah apalagi bermasalah. Ketiga kita harus terus beribadah”, kata Sarwo menambahkan.

Tetapi, Sarwo  tidak mau  hanya pasrah menerima gaji pas-pasan. Sore  sepulang kerja, anak keenam tujuh bersaudara pasangan Lias Supriah dan Siti Nurjanah ini mengaku "nyambi" untuk menambah penghasilan. Cara ini cukup lumayan, karena uang yang diperoleh sebagai perantara jual beli tanah  lebih gede dibanding gaji yang diterimanya sebagai PNS.

Kini, Sarwo terobsesi mewujudkan pembangunan pertanian secara berkelanjutan. Ia berharap bisa ikut berkontribusi memudahkan cita-cita bangsa Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. Karena itu, pekerjaan rumah pertama yang harus diselesaikan adalah  menambah lahan baku sawah.

“Saya ini tetap orang Brebes, minimal setahun sekali saya pulang kampung, bertemu saudara dan kawan-kawan. Karena itu satu saat saya juga berharap bisa ikut menunjang pembangunan kampung halaman saya”, kata Sarwo lagi. (m budiono-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment