Senantiasa Berkiblat ke Aikido Irei Shihan
Aikido Practice Together di Semarang

By Redaksi SS 19 Nov 2017, 15:04:08 WIB Olahraga
Senantiasa Berkiblat ke Aikido Irei Shihan

Keterangan Gambar : Peserta Aikido Practice Together berfoto besama Sinsei Jerry usai latihan di Aula Borobudur Gedung Telkom Semarang (19/11)


Semarangsekarang.com – Dalam berlatih aikido tidak sekedar mencari sabuk hitam terus berhenti, tetapi tetap saja harus berlatih dan terus berimprovisasi. Karena hakekat ilmu beladiri aikido adalah dipahami setiap gerakannya. Demikian diungkapkan Sensei Jerry dari Jakarta yang termasuk “murid” langsung dari Irei shihan (pemegang DAN VII aikido aikikai) yang berasal dari Aikikai Hombu Dojo Tokyo

“Dalam berlatih aikido itu kita terus dituntut untuk melakukan riset dan berimprovisasi dalam setiap gerakannya. Jadi tidak hanya itu-itu saja,”kata Sinsei Jerry, pemilik DAN IV aikido kepada peserta latihan bersama aikidoka di ruang aula Borobudur lantai VIII Gedung Telkom Minggu (19/11).

Lebih lanjut sensei jerry mengatakan bahwa peminat orang Indonesia untuk berlatih aikido cukup besar. Namun yang bersungguh-sungguh menguasai setiap jurus yang diimbangi dengan rasa tidak terlalu banyak.

Sementara menurut sensei Christian, pemilik DAN III yang juga didatangkan dari Jakarta mengatakan bahwa dalam berlatih aikido tidak bisa sekedar melihat video di you tube. Terus langsung bisa. Karena dalam setiap gerakan dan jurusnya itu ada makna dan filosofinya.

“Ibarat berlatih masak lewat video you tube, bumbu dan cara memasaknya sama, namun setelah dirasakan rasanya bisa sangat berbeda. Untuk itulah kalau mau menguasai jurus aikido secara benar adalah perlunya selalu berlatih dan berlatih, dan secara mental akan terbiasa dengan berlatih rutin.,” jelas sensei Christian.

Latihan bersama kali ini diadakan oleh Bushido Aikido Semarang yang dipunggawai oleh Gautama, sensei DAN III asal Semarang yang memang berharap jurus-jurus baru yang diajarkan sensei Jerry dan sensei Christian bisa menambah aikidoka bushido Semarang.

“Dengan mengundang mereka tentu akan semakin menambah pengetahuan para aikidoka di Semarang, karena dengan berlatih langsung tentu akan lebih mudah melihat, memahami dan melakukan setiap jurus baru secara benar dengan filosofi aikido secara tepat,” kata Gautama.

Latihan bersama di Gedung Telkom jalan Pahlawan Semarang ini diikuti dari tiga dojo Bushido Aikido di Semarang. Yakni dojo aikido bushido Sambiroto, aikido bushido Telkom dan dojo kampus Universitas Semarang (USM). Gautama berharap latihan bersama untuk mengadopsi jurus jurus langsung dari Honbu Tokyo lewat Sensei Jerry dan Sensei Christian.  (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment