Sensei Gautama Perkenalkan Aikido di Jepara

By Redaksi SS 29 Apr 2019, 13:38:32 WIB Olahraga
Sensei Gautama Perkenalkan Aikido di Jepara

Keterangan Gambar : Sensei Gautama dari Bushido Aikido Semarang saat melakukan penjelasan dan demo teknik aikhido, di Sasana Jepara, Minggu (28/4/2019).


Semarangsekarang.com-Beladiri aikido, seni beladiri asal Jepang yang diperkenalkan dan dikembangkan oleh Morihei Ueshiba sekitar tahun 1800-an, kini sudah banyak dikenal di Indonesia, bahkan sudah banyak berkembang dojo-dojo aikido.

Termasuk di Kota Semarang, yang sudah ada beberapa tempat untuk berlatih olahraga yang mengandalkan kelembutan gerak untuk bertahan dengan menaklukan lawan tanpa harus menciderai.

 Salah satu sensei aikido yang terus mengembangkan beladiri di Semarang ini yakni sensei Gautama.  Pemilik dojo Bushido Aikido ini sudah memiliki murid ini mengaku berusaha terus mempopulerkan beladiri yang memiliki filosofi mendalam ini. Termasuk berusaha mempopulerkan di Kabupaten Jepara.

Gautama pada Minggu (28/4/2019) mencoba memperkenalkan aikido di Kabupaten Jepara. Berlokasi di Sasana, di Jalan Ki Mangunsarkoro 52 Kabupaten Jepara. Gautama mencoba melakukan demo dan teknik gerak seni keindahan aikido.

“Kita memperkenalkan aikido di Jepara berkat dukungan Ahmad Darbi (manajer Sasana) dan Solahudin Harun Toyib selaku pimpinan dari Sasana, serta Adam Prabowo, yang juga pemegang sabuk hitam karate Inkado, dan kebetulan mereka mengundang saya untuk memperkenalkan aikido di Jepara ini,” ungkap Sensei Gautama dari aikido dojo Bushido Semarang,

Sasana sendiri, oleh  masyarakat Jepara sebagai tempat berlatih bermacam-macam oleharaga beladiri,seperti karate,boxing dan taekwondo. Dan disini pulalah dojo aikido pertama hadir di Jepara.

Menurut Gautama, kedepannya aikido pasti akan bisa berkembang dengan baik. Meskipun aikido bukan olahraga kompetitif, namun seiring perkembangannya banyak cabang beladiri yang bisa dikombinasikan dengan gerakan dan teknik dari aikido ini.  

Di Jepara sendiri sebenarnya sudah ada orang-orang yang berlatih aikido namun belum ada dojo khusus yang bisa berlatih serius mendalami teknik dan filosofinya. Seperti Febi dan Umar,  keduanya ini sebenarnya merupakan atlit pencak silat sudah sering berlatih aikido..  

“Beladiri aikido memiliki keunikan dari seni bertahannya, maka dengan berlatih olahraga asal Jepang ini unik dan menonjolkan kelembutan gerakan. Sehingga cocok untuk bisa melengkapi teknik pencak silat kami. Saya juga merekomendasikan kepada perempuan yang ingin berlatih beladiri, untuk berlatih aikido sebagai pertahanan diri,” jelas Umar.

Ternyata tak hanya Umar dan Febi yang konsentrasinya ke pencak silat. Harno pelatih boxing pun juga tertarik untuk turut mempelajari aikido.  (faf-SS)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment