SMAN 3 Semarang Juara Kompetisi Bisnis Nasional
Mewakili Indonesia di kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik

By Redaksi SS 13 Agu 2018, 18:43:26 WIB Ragam
SMAN 3 Semarang Juara Kompetisi Bisnis Nasional

Keterangan Gambar : Para siswa SMAN 3 Semarang yang berhasil meraih gelar Indonesia Student Company of the Year 2018 dalam Indonesia Student Company Competition yang digelar oleh Prestasi Junior Indonesia di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Sabtu (11/8/2018)


Semarangsekarang.comSagasco Student Company, perusahaan siswa dari SMAN 3 Semarang, berhasil meraih gelar Indonesia Student Company of the Year 2018 dalam Indonesia Student Company Competition yang digelar oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia, AIG Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, dan Yayasan Pendidikan Jaya di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Mereka berhasil mengungguli tujuh perusahaan siswa lainnya yang merupakan perwakilan 6 kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Kutai Timur. Berkat kemenangan ini, SMAN 3 Semarang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik, JA Asia Pacific Company of the Year Competition, di Manila, Filipina, pada Maret 2019 mendatang.

Dalam kompetisi bisnis tahunan ini, sekelompok pengusaha muda asal Jawa Tengah tersebut membawa produk andalan perusahaan mereka, yaitu Echoes dan Whynotes, alas kaki dan binder multifungsi buatan tangan yang berbahan dasar eceng gondok dan dipadukan dengan batik. Ide kreatif ini bermula dari adanya permasalahan populasi eceng gondok di Danau Rawa Pening yang menimbulkan dampak bagi lingkungan dan ekosistem air.

Sagasco SC juga mendapatkan penghargaan The Best Financial Management karena dinilai mumpuni dalam mengelola bisnis dan mengumpulkan omzet penjualan hingga 21 juta Rupiah selama tiga bulan beroperasi.

“Indonesia Student Company Competition ini merupakan agenda tahunan Prestasi Junior Indonesia untuk merayakan pencapaian sekaligus mengasah kepiawaian berbisnis dari siswa-siswi peserta JA Company Program. Selama periode tertentu, para siswa telah mengembangkan model bisnis mikro di sekolah masing-masing. Para siswa didorong untuk menciptakan sebuah bisnis yang tak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, namun juga sekaligus menyelesaikan permasalahan dan mampu memberikan dampak positif kepada komunitas di sekitar mereka,” ujar Board Chair Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid.

Siswa peserta Indonesia Student Company Competition 2018 merupakan tim perwakilan masing-masing daerah yang sebelumnya telah diseleksi dalam kompetisi tingkat regional. Mereka telah menjalankan bisnis di sekolahnya selama enam bulan, mulai dari penemuan ide produk, perencanaan bisnis, operasional dan pengelolaan usaha, hingga likuidasi perusahaan.

Selama rentang waktu tersebut, mereka mendapatkan bimbingan bisnis secara intensif melalui program Perusahaan Siswa (JA Student Company) dari Prestasi Junior Indonesia dan relawan dari mitra sponsor program.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan, “Generasi muda memilki peran krusial dalam mendorong peningkatan ekonomi bangsa. Dengan memupuk semangat dan kemampuan kewirausahaan, kami percaya semakin banyak kalangan muda yang memiliki kesempatan ekonomi yang lebih baik, atau yang kami sebut dengan youth economic opportunities.

Hal ini merupakan wujud keseriusan Citi Indonesia dalam peningkatan kapabilitas wirausaha muda Indonesia, serta mendukung implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.”

M Zinedine Alam Ganjar, siswa SMAN 3 Semarang yang menjadi President Director Sagasco SC menjelaskan bahwa dirinya merasa senang bisa mengharumkan Jawa Tengah dalam kompetisi bisnis tingkat Indonesia.

“Menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi berskala Asia Pasifik akan menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi saya dan teman-teman. Kami akan sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri dan laporan bisnis perusahaan kami untuk dibawa ke kompetisi Asia Pasifik. Sagasco SC akan berjuang semaksimal mungkin agar bisa membawa pulang piala kemenangan untuk Indonesia.”kata M Zinedine.

SMAN 3 Semarang akan melaju ke kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik tahun depan. Pada kompetisi yang akan digelar di Manila tersebut, mereka akan bersaing dengan tim perusahaan siswa perwakilan 14 negara di regional Asia Pasifik, termasuk Brunei Darussalam, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Tiongkok, Turkmenistan, dan Vietnam. (mnr/rls-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment