Smart City Dipadu Teknologi di Kota Lama Semarang
Kota Lama menjadi Pilot Project

By Redaksi SS 28 Okt 2019, 19:47:55 WIB Semarangan
Smart City Dipadu Teknologi di Kota Lama Semarang

Keterangan Gambar : Salah satu sudut di Kota Lama. (foto: istimewa)


Semarangsekarang.com- Kota Lama Semarang akan dijadikan pilot project penerapan konsep smart city di Kota Semarang. Nantinya, semua aktifitas di destinasi wisata itu akan di integrasikan dalam teknologi.

Hal ini disampaikan kepala dinas komunikasi dan informasi kota semarang Bambang Pramusinto menanggapi konsep smart city di kota semarang.
Menurutnya, Kota Semarang nantinya akan di kembangkan real smart city di kota lama karena mempunyai  kawasan yang ideal yaitu  tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit.

“Teknologi smart city akan diterapkan di kota lama, dimana dalam prakteknya warga akan merasakan penerapan smart city seperti membayar apapun menggunakan pake e money," kata Bambang.

Teknologi smart city juga akan di aplikasikan dalam bentuk bentuk penggunaan smart light untuk lampu jalan , dan cctv dengan teknologi analitik.
Selain itu CCTV dengan teknologi analitik akan membantu mengawasi petugas bila ada yang membuang sampah sembarangan, ataupun sampah yang menumpuk, nantinya akan ada notifikasi dan langsung terhubung ke petugas, sehingga bisa langsung tertangani.

Atau bisa juga, bila ada yang parkir sembarang nani akan terdeteksi, sehingga petugas bisa mengingatkan agar bisa parkir di tempat yang telah di sediakan ataupun menindaknya bila melanggar

Bambang sangat optimis bila penerapan smart city akan berlangsung di tahun 2020 mendatang.
“Bila terwujud smart kita replikasikan di tempat lain di semarang,” kata Bambang.

Untuk progresnya, penerapan smart city sudah melakukan sosialisasi di semua semua stakeholder 
Nantinya akan dibangun dengan konsepnya CSR. (zykka-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment