Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia di Guangzhou

By Redaksi SS 07 Jul 2019, 07:01:01 WIB Nasional
Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia di Guangzhou

Keterangan Gambar : Sutopo Purwo Nugroho (dok: twitter @Sutopo_PN)


Semarangsekarang.com- Kabar meninggal dunia Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi & Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Minggu dinihari, (7/7/ 2019), sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou. Tak hanya membawa duka yang mendalam bagi keluarga besar BNPB, namun juga bagi awak media nasional juga merasa kehilangan sosok yang penuh dedikasi ini.

Sutopo ke Guangzhou Tiongkok dalam rangka pengobatan penyakit kanker paru-parunya. Bahkan sebelum pergi ke Guangzhou Sutopo sempat membuat video untuk berpamitan dan meminta doa untuk kesembuhannya pada 15 Juni 2019. 

Berita meninggalnya Sutopo disampaikan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui Twitter resminya, Minggu (7/7/2019). 

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau,"

Semasa hidupnya Sutopo dikenal sebagai orang yang aktif menginformasikan semua peristiwa bencana di Indonesia.

Bagi awak media, Sutopo bukanlah nama yang asing. Pasalnya, pria kelahiran Boyolali yang pada 7 Oktober nanti bakal berusia 50 tahun ini selalu mewartakan setiap kejadian bencana yang terjadi disetiap sudut daerah di Indonesia. Sutopo selalu mengirim release ke media-media di Indonesia. Tak hanya itu ia selalu meng-update release setiap ada perkembangan terbaru di setiap bencana.

Selalu update

Bisa dibilang dia bekerja dengan profesionalisme dan dedikasi yang tinggi. Tak kenal waktu tak kenal tempat, informasi terbaru selalu disampaikan ke masyarakat lewat awak media. Sehingga masyarakat bisa menjadikan informasi dari BNPB untuk dipedomani dan dijadikan rujukan yang valid, karena selalu disajikan dengan data akurat dan tepat sesuai laporan dari lapangan.

Ada hal yang tak pernah dilupakan awak media ketika Sutopo mengirim siaran pers ketika ada diruang operasi, yakni tatkala bencana tanah longsor di Kabupaten Brebes, beberapa waktu silam. Kala itu ditengah pengobatan (operasi) penyakit kanker paru-paru stadium IVB di ruang operasi, Sutopo masih sempat merelease perkembangan terbaru tentang bencana longsor Brebes. Informasi yang dikirim dilapangan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas maupun TNI-Polri langsung di update menjelang operasi di ruang operasi setelah minta ijin kepada tim dokter.

Berkat reputasinya yang luar biasa ini pulalah Sutopo dianugerahi penghargaan The First Responders 2018 dari media terkemuka di Singapura The Straits Times. (faf-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment