Wisata Tracking di Pesona Watu Sumong
Di Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal,

By Redaksi SS 22 Okt 2018, 12:08:25 WIB Ragam
Wisata Tracking di Pesona Watu Sumong

Keterangan Gambar : Wisatawan saat berfoto di atas Watu Sumong (gambar atas). Kiri bawah: ada tempat yang cocok untuk pengambilan gambar di salah satu sudut kawasan wisata ini, bawah kanan: jalan menuju lokasi Watu Sumong wisatawan harus melalui jalan cukup mendaki yang terbuat dari tangga balokan kayu.


Semarangsekarang.com-Kabupaten Kendal yang terletak berbatasan dengan Kota Semarang dikenal dengan berbagai wisata alam yang layak di eksploitasi. Di sisi utara atau tepatnya di daerah Weleri ada kawasan wisata laut Pantai Cahaya. Sementara di wilayah pegunungan yang ada di area selatan Kabupaten Kendal banyak alam yang memiliki eksotika keindahan alam.

Sebut saja kawasan wiasata air terjun Curug Sewu Kecamatan Sukoharjo, air terjun Tujuh Bidadari, Pemamdian kolam air hangat Gonoharjo, Taman Sayur di kecamatan Limbangan dan kini ada tempat wisata alam Pesona Watu Sumong.

Di Watu Sumong ini merupakan wahana rekreasi yang baru dieksplotasi menjadi tempat wisata alam sekitar 2016, hanya saja saat itu hanya dikenal sebagian orang saja, terutama para pecinta alam yang suka melakukan hiking saja. Sebab saat itu untuk menuju area Watu Sumong hanya bisa dilakukan dengan cara tracking jalan kaki menaiki jalan berbatu.

Sepanjang jalan dilokasi kita akan disuguhi pemandangan pohon-pohon besar, terutama pohon aren. Kini dilokasi menuju tempat itu sudah dibuatkan anak tangga yang terbuat dari kayu-kayu yang telah tertata mirip tangga untuk bisa menuju pusat Watu Sumong.

Salin itu untuk menuju kawasan wisata berupa batu besar di atas bukit tersebut aksesnya sudah bisa dilalui dengan mengendarai sepeda motor untuk sampai dekat lokasi. Meskipun sudah bisa dilalui dengan  kendaraanl pengendara harus waspada karena jika berpapasan musim hujan jalan sedikit licin karena ada lumpur yang masuk ke jalan yang terbuat dari cor tersebut.

Terletak di Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, pengunjung yang mencapai puncak batu tersebut bisa menikmati pamandangan alam di sekitarnya. Berupa pohon-pohon rindang maupun area persawahan. Atau bagi yang maniak swa-foto bisa melakukan dengan latar belakang angle foto panorama perbukitan.

“Tempat ini cocok untuk berwisata menikmati keindahan alam. Salain itu bagi pecinta alam yang suka berjalan kaki menelusuri setiap sudut pemandangan alam ada di Batu Sumong ini juga bisa dijadikan rekomendasi yang pas banget,” kata Kadiyono, salah seorang pengunjung yang mengaku berasal dari Boja, Kendal.

Pastinya bagi penggemar wisata alam tempat yang satu ini cocok untuk dikunjungi bersama kawan maupun keluarga. Karena selain tempatnya yang indah, juga juga menjadi tujuan wisata bagi orang-orang suka adventure. Cukup membayar tiket masuk Rp 5000 per orang, langsung bisa menikmati eksotika Pesona Watu Sumong.

Tempat pertapaan

Watu Sumong yang memiliki tinggi hingga 30 meter dengan dibawahnya berbentuk cekung ini memiliki keitimewaan  saat musim hujan, jika orang berteduh dibawah batu ini niscaya orang tidak akan kehujanan.

Konon tempat ini merupakan tempat pertapaan Pangeran Kajoran yang melarikan diri akibat di kejar pasukan Ki Ageng Mangir.

Namun meskipun sekarang sudah menjadi tempat tujuan wisata alam, tempat ini masih memerlukan sentuhan yang serius dari pemerintah Kabupaten Kendal. Promosi serta pembenahan akses jalan yang lebih bagus masih diperlukan, selain itu sarana penunjang dengan memberdayakan perekonomian masyarakat sekitar juga masih perlu ditingkatkan. (faf/yn-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment