Zainut: Seni Budaya Harus Bisa Jadi Tuntunan

By Redaksi SS 08 Okt 2018, 12:19:58 WIB Daerah
Zainut: Seni Budaya Harus Bisa Jadi Tuntunan

Keterangan Gambar : Zainut Tauhid  Sa’adi (kedua dari kanan), anggota Fraksi PPP di MPR, saat menyalami dalang Ki Gandhik Wayah Soegino, didampingi Muspika dan jajaran anggota DPR. Pada kegiatan sosialisasi Empat Pilar melalui pertunjukan wayang kulit di Kabupaten Brebes


Semarangsekarang.com--Wayang kulit merupakan salah satu seni budaya yang popular bagi masyarakat Jawa, demikian disampaikan Zainut Tauhid  Sa’adi, anggota Fraksi PPP di MPR. Demikian disampaikan saat  gelaran wayang kulit yang digelar di Lapangan Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu malam (07/10/2018).

Dengan lakon “Bawor Dadi Ratu”, yang berkisah Bagong menjadi raja. Bisa jadi ceritanya mirip ‘Petruk Dadi Ratu’ yang sangat popular. Pertunjukan wayang kulit ini sendiri terselenggara berkat kerja sama MPR dengan pemerintah kabupaten setempat

“Pertunjukan ini disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat. sehingga pementasan seni budaya yang dilakukan oleh MPR beragam seperti Bhinneka Tunggal Ika,” tandas Zainut.

Paling penting, pentas seni budaya apapun bentuk dan asalnya, tak sekadar menjadi tontotan namun juga harus bisa menjadi tuntunan. “Selanjutnya diaktualisasikan dalam kehidupan keseharian,” ujar pria yang juga menjabat Wakil Ketua Umum MUI itu.

Di hadapan warga desa, Zainut Tauhid mengatakan Indonesia adalah bangsa yang besar. Untuk itu kebesaran bangsa ini harus dirawat dan dijaga. Salah satu kiat untuk menjaga Indonesia, adalah dengan mengingat dan mengamalkan Pancasila. Dari sinilah maka MPR melakukan sosialisasi hingga wilayah desa. “Sambil nonton wayang kulit, mari kita laksanakan nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.

Sebagai tanda resmi sosialisasi dan pagelaran wayang kulit dimulai, Zainut Tauhid dalam kesempatan itu menyerahkan sosok lakon kepada dalang Ki Gandhik Wayah Soegino.

Dalam kesempatan itu, jajaran eksekutif dan legislatif di Brebes seperti anggota DPRD, kepala dinas, Muspika Kecamatan Pagayungan, juga turut hadir dan menyaksikan. (mbd-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment