Bea Cukai Semarang Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal
Nilai barang lebih dari Rp 3,7 miliar

By Redaksi SS 25 Nov 2021, 17:04:56 WIB Hukum
Bea Cukai Semarang Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal

Keterangan Gambar : Pemusnahan rokok ilegal oleh petugas Bea dan Cukai Tipe A Semarang di halaman kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe A Semarang, Kamis (25/11/2021). (foto: wahid/SS)


Semarangsekarang.com - Sebanyak 3,6 juta lebih batang rokok Ilegal dimusnahkan oleh petugas Bea dan Cukai Tipe A Semarang di halaman kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe A Semarang, Kamis (25/11/2021).

Pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) berupa Barang Kena Cukai Hasil Tembakau berupa rokok ilegal tersebut merupakan hasil 16 kali penindakan Bea Cukai Semarang yang dilaksanakan selama periode bulan Juni sampai dengan Desember tahun 2020.

Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, Sucipto mengatakan barang yang dimusnahkan yaitu 3,6 juta batang rokok ilegal berbagai merek dengan perkiraan nilai barang yang dimusnahkan sebesar Rp 3,7 miliar dan perkiraan potensi kerugian Negara sebesar Rp 1,8 miliar yang terdiri dari Nilai Cukai dan Pajak Rokok.

“Jadi pemusnahan BMN ini dilaksanakan dengan pembakaran rokok ilegal secara simbolis di Kantor Bea Cukai Semarang bersama para pejabat dari instansi vertikal Kementerian Keuangan, aparat penegak hukum, pemerintah daerah di wilayah kerja Bea Cukai Semarang, dan para tamu undangan lainnya. Selanjutnya pemusnahan BMN dilakukan di TPA Jatibarang,” katanya.

Sucipto menambahkan selama 2021, Bea Cukai Semarang telah berhasil melakukan penindakan rokok ilegal sebanyak 42 kali dengan total rokok illegal yang berhasil diamankan sebanyak 5,1 juta batang rokok ilegal. 

“Dari jumlah tersebut telah diserahterimakan kepada Kejaksaan sebagai barang bukti sebanyak 2,1 juta batang rokok ilegal dan sisanya sedang menunggu proses lebih lanjut,” tambahnya.

Penindakan yang berhasil dilaksanakan Bea Cukai Semarang, jelasnya, merupakan wujud sinergi yang baik antar instansi di wilayah kerja Bea Cukai Semarang melalui pertukaran informasi maupun dan pelaksanaan operasi bersama. 

“Kegiatan ini merupakan bukti komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap peredaran barang ilegal khususnya dalam hal ini rokok ilegal serta upaya penurunan tingkat peredaran rokok ilegal,” jelasnya.

Data penindakan atas barang yang dimusnahkan adalah: Jumlah Barang Hasil Penindakan 3.628.946 batang rokok ilegal, dari jumlah Penindakan (SBP) 16 kali dengan perkiraan nilai barang Rp 3.701.524.920.

Sehingga total potensi kerugian Negara : Rp 1.816.287.473, dengan rincian cukai Rp 1.651.170.430 dan pajak rokok : Rp 165.117.043. (wahid-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment