Dokter Baru Harus Berkontribusi Pada Negara

By Redaksi SS 08 Jan 2022, 19:43:22 WIB Ragam
Dokter Baru Harus Berkontribusi Pada Negara

Keterangan Gambar : Dekan FK Unissula Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF saat memberikan tanda kelulusan dokter baru dalam acara Pengambilan Sumpah Dokter ke 120 periode 1 tahun 2022 Fakultas Kedokteran (FK) Unissula. (foto: humas)


Semarangsekarang.com - Dokter baru diharapkan dapat memberikan kontribusi keahlian dan keterampilan kedokteran kepada masyarakat dalam membantu negara dalam menanggulangi pandemi Covid-19. 

Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan semua negara ini, peran tenaga medis menjadi garda terdepan dalam menanggulanginya. ”Untuk itu lulusan FK Unissula diharapkan mampu mengasah kompetensi dan update pengetahuan tentang beragam penyakit. Karena tantangan dunia kedokteran beragamam,” kata Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF dalam sambutan acara rapat terbuka senat, berupa Pengambilan Sumpah Dokter ke 120 periode 1 tahun 2022 Fakultas Kedokteran (FK) Unissula dilakukan oleh Ketua Senat FK Unissula, dr Sampurna MKes, Sabtu (08/01/2022).

Dalam kesempatan tersebut Dekan menambahkan jumlah dokter baru yang disumpah kali ini tercatat sebanyak 29 orang. Selain itu dengan tantangan yang makin banyak dan perkembangan di dunia kedokteran yang kompleks, pastinya FK Unissula membekali lulusannya dengan keahlian. Termasuk bagaimana, para dokter itu harus bertanggungjawab terhadap kode etik profesi. 

”Kampus kami memiliki standar kompetisi dan mampu menjalankan profesi sebagai dokter, dengan didukung fisik yang prima, mental dan spiritual yang baik pula,” tambahnya.

Termasuk ketersediaan sarana dan prasarana yang makin canggih yang dimiliki. Dimana Unissula telah membangun gedung baru kedokteran dan kedokteran gigi. Dengan dibangun dan diresmikannya gedung baru tersebut diharapkan mampu memaksimalkan pengembangan ilmu dan riset di dunia kedokteran.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unissula Dr Umar Ma’ruf SH SPN MHum lewat zoom menyampaikan jika seorang dokter harus bisa mengabdikan diri di tengah masyarakat. Sehingga kami berharap dokter baru bisa menjaga kode etik kedokteran.

“Perlu diingat dalam kondisi apapun keberhasilan anda saat ini sebagai amanah dan tanggungjawab kepada Allah,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Jateng dr Riptiani Tri Lutiarsi yang mengatakan saat ini masih banyak permasalahan di bidang kesehatan yang dihadapi masyarakat. 

“Oleh karena itu dibutuhkan peran Perguruan Tinggi untuk melalukan pengabdian kepada masyarakat yang membantu di bidang kesehatan,” pungkasnya. (wahid-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment