Kampung Gitar Ngrombo, Lunglai Dihantam Covid-19

By Redaksi SS 21 Nov 2021, 18:15:14 WIB Ragam
Kampung Gitar Ngrombo, Lunglai Dihantam Covid-19

Keterangan Gambar : Wahyu Dwi Prasetyo, salah satu pengrajin di Kampung Gitar, Desa Ngrombo Kecamatan Baki, Sukoharjo memperlihatkan gitar hasil produksinya. (foto: m budiono/SS)


Semarangsekarang.com (Sukoharjo) - Mata pencaharian pengrajin di Kampung Gitar, Desa Ngrombo Kecamatan Baki Sukoharjo nyaris ambruk dihantam Pandemi Covid-19. Penjualan gitar hasil produksi mereka merosot drastis, sehingga berimbas pada omset dan penghasilan para pengrajin.

"Dulu sebelum pandemi saya bisa menjual gitar hingga 25 lusin setiap minggu. Kini, dalam satu Minggu, maksimal hanya 10 lusin yang terjual, itupun tidak menentu. Jadi selama pandemi penghasilan kami menurun tajam," kata Wahyu Dwi Prasetyo kepada Semarangsekarang.com, Minggu (22/11/2021). 

Penderitaan yang dialami para pengrajin gitar, menurut Wahyu semakin berat, karena selama pandemi, harga-harga bahan pembuatan  gitar meningkat sangat tajam. Triplek, kayu hingga bahan-bahan finishing semuanya mengalami kenaikan. Padahal, disaat bersamaan kemampuan beli masyarakat terjun bebas. 

"Belum lagi, produk gitar yang dijual secara online harganya sangat murah, sehingga berdampak sangat buruk kepada produk yang kami hasilkan," kata Wahyu lagi. 

Sayangnya pemerintah terkesan sibuk dengan dirinya sendiri. Mereka tidak tergerak memberi bantuan. Sehingga, Wahyu dan pengrajin lain kerap menerima pekerjaan lain, sebagai sampingan, sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Kalau ada niat yang baik, pemerintah desa sebenarnya juga mampu memberi bantuan. Misalnya dengan mendirikan BUMDES untuk mengelola industri gitar di Ngrombo. 

"Kampung Gitar, Desa Ngrombo  Kecamatan Baki Sukoharjo, ini juga dikenal sebagai desa wisata. Pendapatan dari aktivitas wisata bisa menguntungkan bagi masyarakat jika dikelola dengan baik. Mudah-mudahan saja pandemi, ini segera berlalu, dan aktifitas jual beli gitar bisa normal seperti sediakala," kata Wahyu lagi. 

Selama ini pengrajin di Kampung Gitar, Desa Ngrombo  Kecamatan Baki, Sukoharjo, dikenal mampu membuat gitar-gitar berkualitas. Terbukti banyak musisi nasional yang mempercayakan gitar mereka kepada pengrajin di Ngrombo. Bahkan gitar Ngrombo sudah dijual hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Bahkan diimpor ke manca negara. (m budiono-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment