PLN Bantu Gerobak Motor Listrik Kepada UKM
Tingkatkan Produktivitas

By Redaksi SS 04 Des 2021, 13:05:07 WIB Ekonomi
PLN Bantu Gerobak Motor Listrik Kepada UKM

Keterangan Gambar : Didampingi Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Irwansyah memberikan bantuan Gerobak Motor Listrik kepada pelaku UKM. (foto: istimewa)


Semarangsekarang.com – Para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah kini bisa sumringah menyusul PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik untuk meningkatkan produktivitas usaha. Bantuan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Selain untuk meningkatkan produktivitas UKM, gerobak motor listrik atau Molis Booth ini sekaligus sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan. Bantuan Molis Booth diserahkan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta kepada 15 pelaku UKM yang terdiri dari 10 UKM di Kota Semarang dan 5 UKM di Kabupaten Sragen.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kepala Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Sragen, Yuniarti mewakili Bupati Sragen, dan Senior Manager KKU PLN UID Jawa Tengah & DI Yogyakarta, Endah Yuliati ikut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut.

“Sebagai garda terdepan pembangkit ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, kami ingin membantu UKM dengan memberikan moda transportasi sekaligus fasilitas penunjang usaha yang memudahkan para pelaku usaha terutama kalangan perempuan dan kelompok rentan,” jelas Irwansyah.

Dikatakan Irwansyah selanjutnya, bantuan ini merupakan komitmen PLN untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dalam rangka mewujudkan Creating Shared Value Perusahaan sehingga tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs).

Seorang pelaku UKM Widodo yang menjual menu nasi dan lauk olahan rumahan ini mengungkapkan ungkapan  rasa syukur atas pemberian bantuan yang diberikan oleh PLN.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak PLN dan Bu Ita (Wakil Wali Kota Semarang) karena telah membantu Molis ini, saya bisa bawa dagangan lebih banyak dan makin banyak usaha sehingga bisa membawa keuntungan  karena omzetnya bisa lebih banyak. Biasanya naik motor, sekarang tidak khawatir ketika hujan, sangat membantu sekali,” ungkapnya.

Selain Widodo, empat belas UKM terpilih lainnya antara lain Rujak Es Krim Pak Wok, Lia Lunpia, Sok Tahoe, Nasi Ayam Pak Ndut's, Bakso Malang Cak Ekwan, Roti Bakar Karissa, Vanda Collection, Nasi Kebuli La Miryata, Nasi Rames Mangut dan Kepala Manyung Bu Wik, Sofhie Egg Roll, Aneka Kripik RH, Aneka Kripik Roni, Kripik Halya, dan New Laras Snack.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Semarang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan ini, pihaknya berkomitmen akan mengawal Molis Booth ini agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Atas nama Pemerintah Kota Semarang juga mewakili teman-teman penerima manfaat, kami menghaturkan terima kasih kepada PLN UID Jateng DIY yang sudah sangat luar biasa. Nantinya, kami berkomitmen untuk mengawal jangan sampai Molis-Molis ini terbengkalai. Makanya kami menyampaikan ini dipakai tidak hanya untuk pribadi tetapi juga untuk komunitas,” pesan Ita.

Menurut Ita, ada sekitar 80 ribu UKM  di Kota Semarang, ia berharap ke depan akan ada pendampingan oleh PLN sehingga UKM tersebut bisa menjadi mitra dan berkembang. (subagyo-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment