Stadion Jatidiri Belum Layak untuk Kompetisi
Baru selesai sekitar 80 persen

By Redaksi SS 08 Jan 2021, 13:06:41 WIB Olahraga
Stadion Jatidiri Belum Layak untuk Kompetisi

Keterangan Gambar : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melihat langsung kedalam Stadion Jatidiri Semarang bersama pengurus Asprov PSSI Jawa Tengah, Jumat (08/01/2021) pagi. (foto: humas)


Semarangsekarang.com - Sejumlah pengurus Asprov PSSI Jateng meninjau pembangunan Stadion Jatidiri Semarang, Jumat (08/01/2021). Tinjauan dilakukan untuk mengecek apakah stadion Jatidiri sudah layak digunakan untuk menggelar kompetisi-kompetisi resmi.

Sejumlah pengurus Asprov PSSI Jateng hadir dalam pengecekan itu. Diantaranya Ketua Asprov PSSI Jateng, Edi Sayudi, Sekretaris PSSI Jateng, Purwidyastanto dan beberapa anggota Asprov PSSI. Dari hasil pengamatannya, kondisi fisik stadion Jatidiri baru selesai dibangun sekitar 80 persen. Sebab, masih ada sejumlah titik pembangunan yang belum selesai, salah satunya tribun penonton bagian barat.

Hasil pengamatan itu dilaporkan Edi pada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Sinoeng Rachmadi. Ganjar yang sedang gowes pagi, menyempatkan diri mampir untuk melihat sejumlah venue di Jatidiri, seperti basket, renang, sepatu roda dan stadion sepakbola.

"Kalau hasil pengamatan kami, stadion ini baru selesai dibangun 80 persen. Tapi secara keseluruhan baik stadion, kondisi rumput yang ada, stadion Jatidiri bisa digunakan untuk latihan, termasuk atletik. Namun jika untuk kompetisi resmi, ini belum layak karena masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki," katanya.

Selain pembangunan belum selesai, untuk menggunakan stadion sebagai venue pertandingan resmi lanjut Edi harus memiliki syarat-syarat tertentu. Diantaranya ada verifikasi dari instansi terkait.

"Stadion Jatidiri ini kan diharapkan bertaraf internasional, sehingga kalau mau digunakan untuk event resmi, harus ada verifikasi dari PSSI Pusat atau FIFA dan lainnya. Tapi kalau saat ini, ini belum layak. Mungkin kalau nanti tribun barat selesai dibangun dan perbaikan lainnya dilakukan, maka mungkin sepenuhnya bisa digunakan. Tapi kalau hanya untuk latihan, ini sudah sangat layak," terangnya.

Dengan kondisi seperti tersebut diatas, mak a keinginan suporter PSIS Semarang yang sempat mendesak untuk menyelesaikan pmbangunan Jatidiri, tampaknya sulit diwujudjan dalam waktu dekat. 

Pembamgunan yang tinggal 20 persen, karena belum selesainya sisi tribun memang belum ada tanda-tanda untuk bisa segera duselesaikan. Pasalnya pembangunan tidak hanya difokuskan untuk stadion bolanya saja, melainkan seluruh venue yang ada dikomplek olahraga Jatidiri tersebut (tubagus/aria- SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment