Tak Ada Jenazah Covid Dimakamkan di TPU Jatisari
Selama November 2021

By Redaksi SS 20 Des 2021, 19:28:43 WIB Semarangan
Tak Ada Jenazah Covid Dimakamkan di TPU Jatisari

Keterangan Gambar : Pemakaman TPU Jatisari Kota Semarang. (foto: SS)


Semarangsekarang.com -- Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang mencatat selama bulan Nopember tidak ada pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Jatisari. 

"Selama satu bulan, pada bulan Nopember tidak ada jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di pusat pemakaman Covid-19 milik Pemerintah Kota Semarang di Jatisari," kata Ali, Kepala Disperkim Kota Semarang, Senin (20/12/2021).

Ia bersyukur,  selama Nopember tidak ada pemakaman di Jatisari. Tidak tahu di bulan Desember ini seperti apa, Disperkim terus melakukan monitoring. Ali mengatakan, selalu melakukan monitoring laporan pemakaman dari pengelola TPU. 

Dia menyebutkan, tidak adanya jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Jatisari dimungkinkan dipengaruhi dua faktor yakni angka kematian yang sudah menurun karena masyarakat semakin sadar protokol kesehatan atau ahli waris lebih memilih memakamkan jenazah di TPU dekat tempat tinggal mereka. 

Namun, jika melihat kasus Covid-19 saat ini yang terus menurun dimungkinkan kesadaran masyarakat semakin meningkat sehingga kasus kematian berkurang. 

Ali berharap, masyarakat agar terus menyadari pentingnya protokol kesehatan selama kondisi masih pandemi agar angka kematian tidak meningkat. 

Ali mengaku juga siap untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga. Petugas TPU tetap harus terus siaga di pemakaman Jatisari. Namun demikian, dia berharap tidak ada gelombang ketiga. Apalagi hingga kasus kematian kembali meningkat. 

Dikatakan, ada atau tidak ada Covid-19, petugas di TPU Jatisari tetap terus standby. "Memang sudah kami kurangi. Ada beberapa petugas TPU lain yang kami kerahkan kesana, sekarang sudah kami kembalikan lagi," paparnya. 

Meski saat ini kasus sudah menurun, Ali menambahkan, kesiapan lubang masih tetap dilakukan. Saat ini, ada 25 lubang yang kosong dan belum digunakan. Dari total luasan TPU Jatisari 12 hektar, sudah digunakan sekitar tiga hingga lima hektar untuk pemakaman Covid-19. (subagyo-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment