Taman di Kawasan Taman Tugu Muda Ditata

By Redaksi SS 04 Nov 2021, 16:02:21 WIB Semarangan
Taman di Kawasan Taman Tugu Muda Ditata

Keterangan Gambar : Kawasan Tugumuda Semarang saat ini tengah dilakukan penataan, dengan pemasangan lantai di dalam dan pedestrian taman dengan beton biopori. (foto: subagyo/SS)


Semarangsekarang.com - Pemerintah Kota Semarang kini, tidak henti-hentinya melakukan pembenahan tamanisasi di Kota Semarang. Pengembangan dan penataan taman di Bubakan yang lengkap dengan keberadaan museum Kota Lama yang kini masih terus dikebut penyelesaiannya. 

Kini, di kawasan Taman Tugu Muda yang berada di jantung Kota Semarang dilakukan penataan untuk mempercantik taman Tugu Muda  yang sudah menjadi landmark karena terdapat monumen bersejarah untuk memperingati Pertempuran Lima Hari di Semarang yang berlangsung dari 14 Oktober sampai 18 Oktober 1945.  

Dari pantauan semarangsekarang.com, Kamis (04/11/2021)  bunderan Tugu Muda dan disekelilingnya ditutup dengan bahan spanduk setinggi separuh taman. Lantai lama di area dalam taman telah dibongkar seluruhnya. Sejumlah pekerja mengumpulkan material yang dibongkar ke dalam karung, lalu dipindahkan ke luar taman.

Rencananya, semua bagian lantai di taman Tugu Muda dan pedestrian akan dipasang beton biopori dan berfungsi untuk resapan air.

Mandor tukang, Amir, mengatakan, pengerjaan pembongkaran lantai lama di dalam Tugu Muda telah dikerjakan sekitar tiga hari yang lalu. Setelah, dibongkar material lama akan dipindahkan, rencananya diganti dengan pengerjaan pemasangan beton biopori. "Pemasangannya ditarget selama 3 minggu hingga satu bulan," katanya, Kamis (04/11/2021).

Adapun, saat ini tenaga pembongkaran lantai lama dan pedestrian dikerjakan oleh tenaga manual 15 orang. "Baru mulai tiga hari ini, targetnya 3 minggu sampai satu bulan sudah selesai pengerjaannya," ujarnya. 

Tambah estetika

Kabid Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Murnie Ediati mengatakan, peningkatan berupa penataan Taman Tugu Muda, dilakukan agar menjadi lebih cantik dan menambah estetika ibukota di Jawa Tengah ini serta tanaman yang dipilih warna-warni.

"Dan di sekitar deltanya juga akan kami tata, biar untuk menambah keindahan di sekitar kawasan yang merupakan cagar budaya sehingga tetap hijau, rimbun dan udara bisa terasa segar," katanya.

Nantinya, kata Pipie, sapaan akrabnya,  tidak hanya tanaman di taman Tugu Muda saja yang ditata, tetapi juga akses sarana dan prasarananya juga agar lengkap keindahannya. 

"Seperti penyediaan cuci tangan atau wastafel yang tidak portable tapi yang permanen, dan aliran airnya langsung dari sumur tandon. Karena kalau portable rawan rusak, jadi biar lebih awet dan masa pemakaiannya bisa lebih lama kamu akan ganti yang lebih kuat dari bahan batu," katanya menjelaskan. (subagyo-SS)  




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment