Taman MT Haryono Kampung Pandean Diresmikan
Pengingat Perjuangan Pahlawan Revolusi

By Redaksi SS 13 Jan 2022, 14:31:52 WIB Semarangan
Taman MT Haryono Kampung Pandean Diresmikan

Keterangan Gambar : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ketika menandatangani prasasti Taman MT Haryono didampingi perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono Prasetyo Adi, Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana Lie Jemmy, Kepala Disperkim Kota Semarang Ali. (foto: subagyo/SS)


Semarangsekarang.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meresmikan Taman MT Haryono di ujung barat Kampung Pandean Taman Harjo Jalan MT Haryono, Kelurahan Kebon Agung, Kecamatan Semarang Timur, Kamis (13/01/2022).

Peresmian Taman MT Haryono ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Semarang dihadiri Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy dan perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono, serta jajaran Pemerintah Kota Semarang.

Pembangunan Taman MT Haryono dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekaligus sebagai ruang publik masyarakat. Penyelesaian pembangunan menelan waktu sekitar tiga bulan lalu setelah kegiatan groundbreaking September 2021, tahun lalu.

Pada kesempatan itu, perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono, Prasetiyo Adi mengucapkan, terimakasih kepada semua pihak yang telah menghargai jasa dan pengabdian para pahlawan terdahulu dengan dibangun Taman MT Haryono.

Taman tersebut  dilengkapi patung MT Haryono, salah satu pahlawan revolusi. Prasetiyo Adi sangat menghargai upaya jajaran Pemerintah Kota Semarang dan semua pihak terkait ikut mewujudkan Taman MT Haryono yang indah.

“Ini upaya untuk pengingat perjuangan para pahlawan revolusi, yang telah berjuang menjaga Pancasila dari ideologi komunis. Sebab, bangsa kita pernah punya peristiwa kelam, saat partai komunis masuk,” katanya.

Dikatakan Prasetiyo Adi,  keberadaan Taman MT Haryono selain untuk  menambah keindahan kota, ia berharap dapat mengajak generasi muda untuk mengetahui sejarah bangsa.

"Anak-anak muda kami harap punya kesadaran memahami nilai-nilai Pancasila, ikut menjaga perjuangan pahlawan dan memupuk di dalam diri sebagai falsafah bangsa,” tambahnya.

Momentum peringati pahlawan

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, peresmian Taman MT Haryono ini sejalan dengan beberapa kegiatan program Pemkot Semarang, dan menjadi momentum untuk memperingati para pahlawan.

Bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa pahlawannya. Dulu berbagai peristiwa perjuangan, sudah dilewati, masa sebelum kemerdekaan, merdeka, dan masa pembangunan.

Dikatakan Hendi, sapaan akrabnya, mereka jadi pioner, maka dibuat patung MT Haryono,  berada di ruas Jalan MT Haryono. "Saya ucapkan terimakasih kepada keluarga besar dari pahlawan MT Haryono, pematung, yang merealisasikan semua ini sampai diresmikan,” katanya.

Hendi mengajak masyarakat agar Taman MT Haryono bisa dirawat dengan baik dan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik, membuat wilayahnya makin kondusif, serta Semarang semakin hebat.

Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy menambahkan, pihaknya mendukung program pembangunan pemerintah kota sekaligus untuk memperindah pemandangan Kota Semarang.

Diungkapkan bahwa dalam pembangunan Taman MT Haryono ini dengan anggaran Rp 800 juta. “Kami mengapresiasi dengan didukung Pemerintah Kota Semarang  pembangunan berjalan baik, sesuai target rencana,” katanya.

Konsep Taman MT Haryono didesain bernuansa Chinese, dan didominasi warna merah, dan tanaman hias bambu-bambu. ‘’Ini moment awal tahun 2022 tepat  untuk menyambut Imlek pada Februari mendatang,” tambahnya.

Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali menambahkan, Taman MT Haryono diharapkan menjadi salah satu taman aktif untuk ruang publik dan kegiatan masyarakat. Terdapat gazebo, lukisan mural dan pohon untuk penghijauan.

Diharapkan dapat menambah ruang terbuka hijau di wilayah Semarang Timur. Sehingga target pemenuhan sebesar 30 persen RTH bisa terpenuhi, yang saat ini masih sekitar 17 persen. Selain, bisa untuk menjadi spot menarik untuk pengunjung juga menambah keindahan kawasan jalan MT Haryono. (subagyo-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment