Umat Hindu Peringati Hari Raya Kuningan

By Redaksi SS 21 Nov 2021, 11:05:59 WIB Ragam
Umat Hindu Peringati Hari Raya Kuningan

Keterangan Gambar : umat Hindu di kota Semarang memperingati hari raya Kuningan di pura Agung Girinatha, Sabtu  (20/11/2021) malam. (foto: wahid)


Semarangsekarang.com - Ratusan umat Hindu di kota Semarang memperingati hari raya Kuningan di pura Agung Girinatha, Sabtu  (20/11/2021) malam.

Dalam kegiatan tersebut umat secara bersama-sama mendoakan agar diberi lesehatan dan kekuatan serta bangsa dan negara agar terbebas dari Covid-19 sehingga bisa kembali normal.

Dengan menggenakan pakaian khas Bali serta menggunakan masker dan menjaga jarak setiap umat yang datang langsung mencuci tangan.

Pandita Made Sudira mengatakan hari raya Kuningan selalu diperingati bagi umat Hindu setiap tahunnya pada 20 November.

"Jadi setiap 20 November umat Hindu selalu memperinhati Hari Raya Kuningan setelah perayaan Hari Raya Galungan pada tanggal 10 November 2021," katanya.

Hari Raya Kuningan merupakan tonggak kemenangan dharma atas kebatilan, sehingga dalam ajaran Hindu diterapkan bagaimana menegakkan ajaran dharma setelah memperoleh kemenangan.

"Disamping ada pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa tetapi jangan lupa pemujaan terhadap leluhur juga," tambahnya.

Dalam doanya selain meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberi kesehatan dan kekuatan juga mendoakan agar Covid segera berlalu. 

Pada hari Raya Kuningan, umat Hindu melakukan persembahyangan menghadap para dewa dan para leluhur.

Persembahyangan ini dilakukan dengan menyiapkan sesajen dengan isi ajengan (nasi) yang berwarna kuning yang mempunyai arti simbol kemakmuran. 

"Hal ini diartikan sebagai bentuk terima kasih karena telah melimpahkan rahmatnya untuk kemakmuran di dunia ini," imbuhnya

Sehari sebelum pelaksanaan Hari Raya Kuningan, umat Hindu melaksanakan Hari Penampahan Kuningan sebagai bentuk persiapan untuk menyambut Hari Raya Kuningan. 

"Hari Penampahan Kuningan ini dilaksanan setiap Sukra Wage Wuku Kuningan," pungkasnya. (wahid-SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment