Kemenag Blora Adakan Lomba Baca Puisi Moderasi Beragama


Gunawan Trihantoro (kiri) mewakili Satupena Provinsi Jawa Tengah menyerahkan buku antologi puisi “Kusebut Nama-Mu dalam Seribu Warna” kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora HM Kafit SAg MPd di aula Kemenag setempat. (foto; istimewa)

Semarangsekarang.com (Blora) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora akan mengadakan Lomba Baca Puisi Moderasi Beragama di madrasah-madrasah di wilayah setempat. Puisi-puisinya diambilkan dari buku antologi “Kusebut Nama-Mu dalam Seribu Warna” hasil kerja sama Satupena Provinsi Jawa Tengah, Forum Kerukunan Umat Beragama Jawa Tengah, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora HM Kafit SAg MPd ketika menerima buku antologi puisi “Kusebut Nama-Mu dalam Seribu Warna” di aula kantor kemenag setempat, Rabu (04/01/2023). Penyerahan buku puisi dilakukan oleh Gunawan Trihantoro mewakili Satupena Jawa Tengah.

Kafit menyatakan sangat berterima kasih dan mengapresiasi terbitnya buku antologi puisi tersebut. Oleh karena itu, Kemenag Blora akan memasyarakatkannya ke para siswa madrasah melalui lomba baca puisi. Kemenag memiliki program prioritas berupa moderasi agama, sehingga merasa terbantu dengan apa yang dilakukan Satupena Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Kafit membacakan puisi berjudul “Sang Rasul” yang diambilkan dari buku antologi puisi moderasi beragama tersebut. Puisi tersebut merupakan karya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah Musta’in Ahmad SH MH.

Terpisah, Ketua Umum Satupena Provinsi Jawa Tengah Gunoto Saparie mengatakan, buku antologi puisi “Kusebut Nama-Mu dalam Seribu Warna” telah diluncurkan di Klenteng Sam Poo Kong Semarang di tengah suasana Festival Toleransi dan Pergelaran Seni-Budaya. Pada peluncuran tersebut, buku puisi diterima oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Buku antologi puisi tersebut, tambah Gunoto, beberapa waktu kemudian dibedah atau didiskusikan di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT). Sebagai pembedah Kepala BBPJT Dr Ganjar Harimansyah MHum dan Ketua Bidang Nonfiksi Satupena Jateng Dra Esthi Susanti Hudiono.

Gunoto menuturkan, beberapa waktu lalu puisi-puisi dalam buku antologi tersebut sempat dibacakan oleh Tirta Nursari, Novita Yuni Rahmawati, dan Zaimatul Chasanah.

“Penyerahan buku kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora ini adalah kedua setelah kegiatan yang sama dilakukan Satupena Jawa Tengah di Kantor Kemenag Kabupaten Cilacap,” tandasnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top