Glamping Sastra Indonesia 2022 di Baturaden


Ketua Komunitas Glamping Sastra Indonesia Nia Samsihono. (foto: dok istimewa)

Semarangsekarang.com – Glamping Sastra Indonesia 2022 akan diadakan di Baturaden Adventure Forest, Purwokerto, 2-3 Juli 2022. Kegiatan ini diformat sebagai kemah yang diisi dengan peluncuran buku, ceramah, diskusi, pembacaan puisi, permainan, lintas alam, dan susur sungai. Glamping sendiri merupakan akronim dari “glamour camping”.

Ketua Komunitas Glamping Sastra Indonesia Nia Samsihono mengatakan, kegiatan ini merupakan kedua kalinya di Baturaden. Sebelumnya tahun lalu bernama Kemah Sastra Indonesia 2021. Rencananya bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jawa Tengah akan ditradisikan tiap tahun sekali.

“Dalam kegiatan ini kami akan meluncurkan dua buku antologi, yaitu ‘Alam Sejati’ yang memuat puisi-puisi tentang alam, khususnya Baturaden. Selain itu buku ‘Sesorah Spiritualitas Ahmad Tohari’ yang berisi tentang testimoni sejumlah sahabat pengarang ‘Ronggeng Dukuh Paruk’ itu,” katanya seraya menambahkan, peluncuran buku akan dilakukan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ganjar Harimansyah.

Menurut Nia, kegiatan akan dibuka Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas. Sedangkan sambutan akan disampaikan Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah Gunoto Saparie, Ketua Pelaksana Dewan Kesenian Banyumas Jarot C Setyoko, sesepuh seniman Barlingmascakeb Hadi Supeno, dan sastrawan senior Ahmad Tohari.

“Di samping itu, dua dokter yang sastrawan, yaitu Erina Yatmasari (Surabaya) dan Handrawan Nadesul (Jakarta), akan berbicara tentang sastra dan kesehatan,” ujarnya.

Sampai saat ini, demikian Nia, telah terdaftar sekitar 50 peserta, para sastrawan dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran masih dibuka sampai akhir bulan ini dengan menghubungi sekretaris panitia Dyah Tinggeng dengan nomor ponsel +62 812-1351-988. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top