Gunoto-Agung Pimpin Satupena Jawa Tengah Periode 2022-2027


Gunoto Saparie (kiri) dan Mohammad Agung Ridlo terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Provinsi Jawa Tengah periode 2022-2027. (foto: subagyo/SS)

Semarangsekarang.com – Gunoto Saparie dan Mohammad Agung Ridlo terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Provinsi Jawa Tengah periode 2022-2027 di Semarang, Minggu (20/02/2022) lalu.

Pemilihan dilakukan oleh sebuah tim formatur yang dibentuk beberapa waktu lalu. Tim ini terdiri dari Gunoto Saparie (ketua), Dr Ir Mohammad Agung Ridlo MT (sekretaris), dan Prof Dr Ir Saratri Wilonoyudho MSi, Prof Dr RM Teguh Supriyanto MHum, Dr Nugroho SBM MSi, Drs Jayanto Arus Adi MM, serta Handry TM sebagai anggota.

Gunoto mengatakan, tim formatur yang melakukan rapat secara virtual telah berhasil menyusun pengurus harian. Sedangkan kelengkapan pengurus, seperti divisi atau seksi dan 35 koordinator kabupaten/kota se-Jawa Tengah akan dibahas tim formatur pada kesempatan berikutnya.

Tahapan ini harus dilakukan, agar tim formatur memiliki waktu cukup untuk menjaring, mengusulkan, menggodok, dan mematangkan nama-nama yang dimasukkan sebagai pengurus.

“Dalam kepengurusan ini menempatkan para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah sebagai pelindung. Sedangkan para kepala organisasi perangkat daerah sebagai dewan pembina,” ujar Gunoto, Senin (21/02/2022).

Menurut Gunoto Saparie, selain dia sebagai ketua umum dan Mohammad Agung Ridlo sekretaris umum, terpilih juga Amir Machmud NS SH MH sebagai ketua I (bidang kemitraan), Drs Addy Susilobudi ketua II (bidang media), Bambang Iswanto ketua III (bidang fiksi), dan Dra Esthi Susanti Hudiono MSi ketua IV (bidang nonfiksi). Sedangkan Dhoni Zustiyantoro MHum sebagai sekretaris I bersama Fitri Astuti Lestari SS sekretaris II.

“Untuk Bendahara Umum Drs Jayanto Arus Adi MM yang diwakili oleh Syamsul Huda SSos MSi dan Dr Sutji Harijanti MPd,” tambahnya.

Gunoto menyebutkan pula, untuk posisi di Dewan Penasihat terpilih Dr Adi Nugroho MIKom, Dr Masrur Ridwan SH MM MH, Drs Hadi Supeno MSi dan Dra Sri Humaini. Sedangkan Prof Dr Ir Saratri Wilonoyudho Msi, Dr Nugroho SBM MSi, Dr Muhammad Abdullah MA, dan Drs Taslim Syahlan MSi duduk di Dewan Pakar.

Mandat

Gunoto mengaku mendapatkan mandat dari Ketua Umum Satupena Pusat Denny JA untuk membentuk dan menyusun pengurus Satupena Jawa Tengah. Mandat itu ia terima bersamaan dengan 33 orang penulis lain yang ditempatkan sebagai Koordinator Satupena di masing-masing provinsi. Hasil rapat tim formatur berupa susunan pengurus Satupena Jateng itu telah dilaporkan
ke Ketua Umum Satupena Pusat Denny JA, Senin (21/02/2022) malam.

“Setelah pengurus Satupena lengkap tersusun, termasuk seksi dan koordinator kabupaten/kota, kami merencanakan deklarasi pengurus dan bedah buku dengan pertunjukan musik bulan depan. Semoga pandemi Covid-19 segera melandai, sehingga rencana ini tidak terkendala,” tandasnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top