Sastrawan Ahmad Tohari dan Isteri Siap Berkemah di Baturaden


Sastrawan Ahmad Tohari. (foto: dok istimewa)

Semarangsekarang.com – Sastrawan Ahmad Tohari dan Siti Syamsiah, istrinya, ikut berkemah dalam acara Glamping Sastra Indonesia 2022 di Baturaden Adventure Forest Resort, Purwokerto, selama dua hari, Sabtu-Minggu, (2-3 Juli 2022).

Kegiatan itu diselenggarakan Komunitas Glamping Sastra Indonesia dan Dewan Kesenian Jawa Tengah.
Ketua Komunitas Glamping Sastra Indonesia Nia Samsihono mengatakan, kegiatan akan dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas.

Para peserta Glamping (akronim “Glamour Camping”) adalah puluhan sastrawan dari berbagai kota di Indonesia. Selain dari Purwokerto dan Cilacap, juga ada yang dari Banjarnegara, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Jakarta, bahkan Bengkulu.

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama panitia, pembicara, dan peserta. Tiga komponen ini sama-sama memberikan kontribusi positif,” katanya seraya menyatakan merasa tersanjung dan mendapat kehormatan ketika Ahmad Tohari dan istrinya yang kebetulan tinggal di Tinggarjaya bersedia bergabung berkemah menikmati suasana alam yang indah dan sejuk.

Dalam kegiatan ini, lanjut Nia, buku Sesorah Spiritualitas Ahmad Tohari akan diluncurkan oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Ganjar Harimansyah. Begitu juga buku antologi Alam Sejati yang memuat karya sastra para sastrawan Indonesia, bertema tentang alam dan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan itu, demikian Nia, dua buku itu akan dibahas dan didiskusikan dengan narasumber Erina Yatmasari dari Universitas Hang Tuah Surabaya dan Hadi Supeno mantan Wakil Bupati Banjarnegara. Sedangkan dokter Handrawan Nadesul dari Jakarta akan berbicara tentang sastra dan kesehatan.

Nia menuturkan, kegiatan seperti ini untuk kedua kalinya diadakan di Baturaden. Yang pertama pada awal Desember tahun lalu. “Rencananya akan kami tradisikan tiap tahun sekali dan semoga bisa menjadi ajang silaturahmi, aktivitas, dan kreativitas para sastrawan,” tandasnya. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top