Tanpa Arak-arakan Dugderan Digelar di Halaman Balaikota Semarang


Atraksi Drum Band Taruna AMNI sangat menghibur pengunjung Dugderan di halaman Balaikota, Jalan Pemuda, Kamis (31/03/2022) (foto: subagyo/SS)
  • Jelang Ramadan 1443 H

Semarangsekarang.com – Pemkot Semarang kembali menggelar Festival Dugderan jelang datangnya bulan puasa, atau bulan Ramadan 1443 H, Kamis (31/03/2022).

Festival ini digelar di halaman Balaikota Jalan Pemuda Semarang. Acara digelar sangat meriah dengan berbagai penampilan seperti, Penampilan Drum Band Taruna AMNI, Penampilan pakaian adat, penampilan barongsai dan lain lain.

Wali kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan para kepala dinas hadir mengenakan pakaian tradisional. Festival dimulai sekitar pukul 13.00 wib dan berakhir sore hari di Masjid Agung Semarang atau Masjid Kauman.

Wali kota Semarang yang akrab disapa Hendi mengatakan, Dugderan tahun ini lebih meriah dibanding tahun – tahun sebelumnya. Hal ini sering menurunnya kasus Covid-19 di Kota Semarang

“Saat ini belum ada arak- arakan, yang penting sudah lebih meriah dan tetap taat dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Hendi

Ia menyebut animo warga Kota Semarang menyaksikan tradisi Dugderan sangat tinggi.

Di sisi lain, ia berharap, saat bulan Ramadan nanti, warga bisa menjalankan ibadah berpuasa dengan baik dan kusuk. “Tarawih keliling boleh, tarawih di rumah ibadah boleh, yang penting protokol kesehatan diperhatikan,” jelasnya

Dalam bulan puasa nanti, Hendi juga berharap warga memiliki tenggang rasa, saling menghormati. “Yang tidak puasa tolong hormati yang puasa. Begitu juga sebaliknya, yang puasa tolong hormati yang tidak puasa. Tidak perlu ada sweeping restoran saat siang hari,” tegas Hendi.

Sementara, salah seorang warga Semarang bernama Lutvina Anggraeni mengaku senang bisa menyaksikan dugderan. “Tentu senang ya bisa melihat dugderan. Karena sesama warga, kita bisa kumpul setelah sekian lama pandemi,” kata Lutvina perantau asal Banjarnegara. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top