Kawasan Pasar Johar Relokasi Terbakar


Keterangan Gambar: Petugas kebakaran ketika terus berupaya memadamkan kobaran api yang membakar kios dan lapak pedagang, Rabu malam. (foto: istimewa)

Semarangsekarang.com – Pasar Johar Relokasi di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), terbakar. Api pertama kali diduga berasal dari kios kosong. Awalnya, titik api menyala kecil, dan dalam waktu sekejap membesar dan membumbung tinggi terjadi, Rabu (02/02/2022) malam sekitar pukul 18.30 WIB.

Kobaran api yang begitu cepat ditambah hembusan angin kencang mengakibatkan api makin membara dan membakar kios semi permanen yang berjajar di Blok F dan menjalar ke Blok E.

Kobaran api yang begitu cepat langsung merambat menyambar kios-kios yang berjajar di Blok F dan Blok E ludes terbakar. Diprediksi ada sekitar 700 lapak atau kios yang terbakar.

Muji, seorang saksi mengatakan, api dalam waktu sekejap membakar kios-kios relokasi Johar. Api berasal dari salah satu kios yang kosong.
 
“Dari kios yang kosong, tiba tiba muncul api. Kurang dari 30 menit, api langsung membesar dan menjalar membakar kios,” kata Muji yang merupakan tukang parkir di tempat itu.
 
Dikatakan, tempat yang terbakar itu, berada di Blok F. Lalu, api langsung merambah ke bangunan. Satu per satu kobaran api menghanguskan bangunan kios pedagang yang ditinggal para penghuninya
 
“Ada sekitar 700 lapak yang terbakar di relokasi pedagang Johar,” jelasnya
 
Pedagang, lanjutnya, sempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, tetapi api sudah terlanjur membesar dan membesar dan terus menjalar.
 
Sedangkan yang terbakar di lapak-lapak dan kios pedagang adalah antara lain lapak pakaian, sayuran, dan lapak buah. Pemadaman masih berlangsung. Selama kebakaran, terdengar suara ledakan. (subagyo-SS)

Berita Terkait

Top