Erick Thohir Ketua Umum PSSI, Banyak PR di PSSI yang Perlu Diselesaikan


Erick Thohir Ketua Umum PSSI baru, saat bersama La Nyalla Mattaliti, Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI lama/kiri) dan Menpora RI Zainudin Amali (kanan). (foto: ig erick thohir)

Semarangsekarang.com (Jakarta) – Erick Thohir akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 menggantikan Mochamad Iriawan setelah dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/02/2023) memperoleh 64 suara dari total 86 voters.

La Nyalla Mattaliti yang menjadi pesaing Erick untuk menjadi Ketua Umum memperoleh 22 suara. Pada KLB yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini menghadirkan empat kandidat Ketua Umum yakni La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Wicaksono. Sedang Fary Djemi Francis, yang sebelumnya masuk dalam bursa calon Ketua Umum PSSI menyatakan mundur.

Terpilihnya Erick Thohir ini diharapkan bias membawa angin segar, pasalnya banyak persoalan yang menjadi ‘PR’ tengah menanti solusi terbaik. Diantaranya soal wasit pertandingan yang memimpin Liga di Indonesia masih disorot, selain itu juga masalah berhentinya kompetisi Liga 2 dan Liga 3. Belum lagi soal Tragedi Kanjuruhan Malang juga bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Ketua Umum PSSI yang baru.

Pekerjaan rumah lainnya yakni persiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni mendatang. Tentunya ini perlu kerja cepat ditengah waktu yang tinggal tiga bulan lagi.

Siapa Erick Thohir?

Ketua Umum PSSI baru, Erick Thohir adalah pria kelahiran Jakarta pada 30 Mei 1970. Ia adalah seorang pengusaha dan filantropis Indonesia. Sejak 23 Oktober 2019 hingga sekarang dipercaya Presiden RI Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pria beranak empat yang tahun ini berusia 52 tahun juga sosok yang tak pernah jauh dengan dunia olahraga. Pada November 2013 ia tercatat sebagai Presiden Klub Seri A Italia Internazionale Milano (Inter Milan), serta pemilik klub DC United di Amerika Serikat.

Selain sepakbola, nama Erick Thohir juga pernah tercatat menjadi pemilik klub bola basket di kompetisi bergengsi NBA di USA, yakni Philadhelphia 76ers. Dan diharapkan saat terpilih menjadi Ketua Umum PSSI bias makin memajukan persepakbolaan Indonesia.

Susunan Pengurus PSSI Periode 2023-2027

Ketua Umum PSSI:
Erick Thohir

Wakil Ketua Umum:
1. Zainuddin Amali
2. Ratu Tisha Destria

Exco PSSI:
1. Muhammad
2. Eko Setiawan
3. Rudi Julianto
4. Endri Erawan
5. Juni Rahman
6. Vivin Cahyani
7. Sumardji
8. Ahmad Riyadh
9. Arya Mahendra
10. Khairul Anwar
11. Hasnuryadi
12. Pieter Tanuri

(aria furisan-SS)

Berita Terkait

Top